Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Semangati 6.424 Maba ITS agar Berkontribusi untuk Negeri

Kompas.com - 11/08/2021, 06:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof. Mochamad Ashari mengukuhkan 6.424 mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2021/2022.

Dalam acara yang diadakan secara virtual turut menghadirkan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Nadiem mengingatkan, menjadi mahasiswa itu tidak sama dengan pendidikan di sekolah. Karena mahasiswa memiliki kemerdekaan untuk mendapatkan pendidikan lebih luas.

"Maka dari itu, Kemendikbud Ristek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menempuh pembelajaran di luar kampus melalui program Kampus Merdeka," terang Nadiem seperti dikutip dari laman ITS, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Astra Isuzu Buka Lowongan Kerja Lulusan D1/D3-S1, Cek Infonya

Banyak program beasiswa untuk maba

Nadiem mengungkapkan, terdapat beragam program beasiswa untuk seluruh mahasiswa di Indonesia.

Salah satunya adalah Beasiswa Unggulan yang bisa diikuti mahasiswa baru yang masih duduk di semester pertama.

Komitmen untuk memerdekakan pendidikan tinggi Indonesia perlu adanya partisipasi dari para mahasiswa.

"Karena itu, manfaatkan masa kuliah untuk mengenal diri, membangun jembatan untuk meraih mimpi dan berkontribusi untuk negeri," pesan Nadiem.

Sementara itu, Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari mengungkapkan, maba ITS angkatan 2021 nantinya dapat ikut serta dalam berbagai kompetisi nasional maupun internasional serta di kegiatan unit mahasiswa.

"Karena dari sana, mahasiswa bisa berkontribusi untuk turut menaikkan nama harum ITS di Indonesia hingga dunia," tutur Rektor ITS.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Sabun Organik dengan Segudang Manfaat

Mahasiswa harus kreatif dan inovatif

Rektor menambahkan, kreativitas dan inovasi dari mahasiswa ini bisa bersama-sama dalam berkontribusi membangun masyarakat.

Dengan kepercayaan dan persatuan yang kuat, Ashari mengajak para maba untuk mencapai prestasi yang lebih baik dengan semangat tinggi sebagaimana semangat para pahlawan 10 Nopember 1945.

"Bersama kita mengubah tantangan menjadi prestasi," tegas Rektor.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof. Adi Soeprijanto memaparkan, sebanyak 6.424 mahasiswa baru yang diterima di ITS terbagi menjadi 4.402 mahasiswa sarjana jenjang S1, 812 mahasiswa sarjana terapan (D4) dan 1.210 mahasiswa pascasarjana (S2 dan S3).

Baca juga: Tanpa Tes, Telkom University Buka Jalur Undangan Seleksi Mitra

Jalur penerimaan maba ITS

Penerimaan maba ITS program sarjana berasal dari tiga jalur pendaftaran, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Kemitraan, Mandiri, dan Prestasi (SKMP).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com