Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurhayati Subakat, Alumnus ITB yang Sukses Dirikan Wardah karena 5 Karakter Ini

Kompas.com - 10/08/2021, 16:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu alumnus Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. (HC). Dra. Nurhayati Subakat, Apt., ini sukses menjadi wirausaha.

Bahkan perusahaan yang didirikan bernama PT. Paragon Technology and Innovation kini menjadi pemimpin pasar kosmetik terbesar di Indonesia.

Lantas, apa kunci sukses Nurhayati sehingga perusahaannya yang lebih dikenal masyarakat karena merek Wardah dan Make Over ini bisa berkembang pesat?

Baca juga: Salman Subakat, CEO Perusahaan Kosmetik yang Peduli Pendidikan di Indonesia

Ternyata, kuncinya ialah lima karakter atau nilai hidup yang dia jalankan selama ini, yakni:

  1. Ketuhanan
  2. Kepedulian
  3. Kerendahan hati
  4. Ketangguhan
  5. Inovasi

Kelima nilai hidup itu juga sama seperti yang diajarkan oleh ayahnya, seorang pedagang sekaligus Ketua Muhammadiyah di Padang Panjang.

"Masa kecil saya di Padang Panjang. Saya anak keempat dari delapan bersaudara," ujar Nurhayati Subakat saat menjadi pembicara pada Fellowship Jurnalisme Pendidikan Batch 2 secara daring, Selasa (10/8/2021).

Adapun acara tersebut digelar oleh Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) bekerja sama dengan PT. Paragon Technology and Innovation.

Menurutnya, sosok ayahnya punya jiwa sosial yang tinggi. Bahkan pemikirannya juga visioner. Sebab, pada 1960-an ayahnya sudah punya pemikiran terkait pentingnya Iman dan Taqwa (Imtaq) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

"Imtaq dan Iptek ini kerap digaungkan oleh BJ Habibie di tahun 1990-an," ungkapnya.

Terkait jiwa sosial ayahnya, Pendiri PT Paragon tersebut menyebut bahwa ayahnya dulu pada 1960-an dan dilakukan setiap tahun sering membeli gulungan kain.

Bukan untuk dipakai sendiri atau keluarganya, tetapi gulungan kain itu kemudian dipotong-potong dan dibagikan kepada sesama yang membutuhkan.

"Dari pelajaran itu, kami diajak untuk peduli pada orang lain dan lingkungan. Jadi, perilaku baik ini juga saya tularkan kepada anak-anak saya," tegas Nurhayati.

Baca juga: Jadi Entrepreneur Butuh Proses Panjang dan Paham 10 Teknologi Ini

Alumnus Farmasi ITB 1971 ini menjabarkan arti dari lima nilai hidup yang dia pegang untuk membesarkan Paragon yang didirikan sejak 1985.

1. Ketuhanan

Dia meyakini keberadaan dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa. Maka, dia wujudkan dalam perilaku:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com