Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda XX UMN, Rektor: Ketangguhan di Tengah Keprihatinan

Kompas.com - 10/07/2021, 19:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bukan perkara mudah untuk bisa lulus perguruan tinggi di tengah pembelajaran yang hampir sepenuhnya dilakukan secara daring sebagai dampak pandemi yang telah berjalan hampir satu setengah tahun terakhir ini.

“Anda semua kami banggakan, meskipun pandemi, anda semua bisa terus selesaikan tugas kuliah. Sungguh anda semua adalah insan yang tabah. Jadikan ketangguhan ini untuk menjadi semangat di perjalanan berikutnya,” ungkap Ninok Leksono, Rektor Universitas Multimedia Nusantara.

Rasa bangga ini disampaikan Ninok dihadapan 336 wisudawan dalam acara Wisuda XX UMN yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 10 Juli 2021.

Rektor UMN, Ninok Leksono, dalam sambutannya mengungkapkan keprihatinan atas pandemi yang terjadi. Namun, di balik keprihatinan tersebut, Ninok merasa kagum atas komitmen wisudawan dalam menjalani proses belajar hingga selesai.

“Dengan kelulusan ini, anda semua menjadi alumni UMN. Jadilah alumni yang membanggakan, baik bagi almamater dan bagi bangsa dan negara. Terus kembangkan keahlian masing-masing untuk bisa berkontribusi dalam perkembangan zaman,” pesan Ninok.

Baca juga: UMN dan Dinkes Kota Tangsel Luncurkan Aplikasi Si Pandai Kemas Tangsel

Sandiaga dan pesan Jakob Oetama

Tahun ini, wisuda UMN mengusung tema “Peluang Industri Kreatif dan Turisme Selama dan Pasca Pandemi”, dan secara khusus mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno untuk memberikan sambutan.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi mengajak wisudawan menjadikan krisis sebagai peluang. Ia menjelaskan pandemi kali ini telah menciptakan berbagai ekosistem baru, khususnya pada penggunaan media digital.

Media digital dengan beragam bentuk ini menuntut para pelaku di dalam ekosistem untuk turut beradaptasi dan bertransformasi.

“Mari kita bangun sinergi untuk pulihkan perekonomian nasional dengan terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ajak Sandiaga.

“Saya yakin jika sebagian (wisudawan-wisudawati) memulai bisnis setelah diwisuda nanti, peluang untuk menjadi sukses semakin besar. Semoga pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapat bisa diaktualisasikan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Di akhir, Sandiaga menutup sambutan dengan mengingatkan kembali pesan pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama yang disampaikan kepadanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com