Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN Tawarkan "Digital Learning", Solusi Kuliah Sambil Bekerja

Kompas.com - 10/03/2021, 08:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini banyak perguruan tinggi menyediakan sejumlah program bagi para mahasiswanya yang ingin mengenyam pendidikan baik S1 atau jenjang yang lebih tinggi seraya meniti karier.

Seperti Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang menawarkan program UMN Digital Learning (UDL) untuk masyarakat yang mau berkuliah sambil bekerja.

Dengan berbasis Information Communication Technology (ICT), program ini memberikan akses yang mudah dan fleksibel bagi mahasiswa dengan sistem pembelajaran yang bermutu.

Tak hanya kemudahan, program Pembelajaran Jarak Jauh ini sekaligus menjadi kontribusi UMN terhadap peningkatan pemerataan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Tawarkan program UMN Digital Learning

Saat ini, program studi yang ditawarkan UDL adalah Strategic Communication. Program studi (prodi) ini menghasilkan lulusan dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Melalui prodi ini, mahasiswa akan belajar segala bentuk komunikasi yang berhubungan dengan bisnis, brand, maupun perusahaan.

Mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara sebuah perusahaan atau brand mengkomunikasikan pesan mereka kepada masyarakat secara efektif dan maksimal,” ungkap Kepala Program Studi (Kaprodi) UDL Strategic Communication, Helga Liliani Cakra Dewi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Kominfo-DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis untuk Umum

Keunggulan UDL

Menurut Helga, UDL memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Praktis dan fleksibel

2. Hemat waktu dan biaya

3. Materi mudah didokumentasikan

4. Memiliki sistem pembelajaran yang menyenangkan.

Keunggulan ini yang menjadikan UDL pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja. Maupun bagi orang-orang yang sudah bekerja namun belum menempuh pendidikan tinggi.

“Profil mahasiswa yang masuk UDL meliputi berbagai kalangan, di antaranya lulusan SMA atau SMK dari luar Jabodetabek, entrepreneur, profesional atau karyawan, hingga Ibu Rumah Tangga,” beber Helga.

Profil lulusan UDL

Helga menambahkan, profil lulusan UDL Strategic Communication meliputi banyak profesi, seperti:

  • Profesional yang bekerja sebagai corporate communication
  • Public relation di berbagai perusahaan
  • Peneliti di bidang komunikasi
  • Sociopreneur yang menciptakan kewirausahaan berbasis sosial dan ICT
  • Akademisi di bidang ilmu komunikasi

Baca juga: Hari Perempuan Internasional, Jadi Perempuan Beretika dengan Karya

“Ada dua jalur yang bisa digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar UDL, yaitu jalur reguler jalur tes beasiswa,” beber Helga.

Ada fasilitas beasiswa

Calon mahasiswa yang akan mendaftar UDL merupakan lulusan minimal SMA atau SMK sederajat. UDL juga memfasilitasi tes beasiswa yang diselenggarakan secara online bagi calon mahasiswa.

Tak hanya melalui tes, beasiswa tanpa tes bisa didapat calon mahasiswa yang memiliki prestasi kompetisi atau kejuaraan di bidang pendidikan dan olahraga yang nantinya akan divalidasi melalui sertifikat. Prestasi juga bisa berupa peringkat tiga besar pada rapor kelas XI.

Baca juga: Literasi Digital, Ini Cara Lindungi Data Diri agar Tak Disalahgunakan

“Berhubung ini merupakan program dengan metode pembelajaran daring yang mungkin masih belum familiar, kami memberikan trial bagi calon yang bisa diakses melalui dl.umn.ac.id. Informasi mengenai tes beasiswa akan diumumkan melalui akun instagram @digitallearning.umn,” pungkas Helga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com