Kompas.com - 17/05/2021, 19:57 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengaku hanya menerima 1.549 calon mahasiswa baru (camaba) untuk kuliah di Mesir (Al-Azhar) dan 30 camaba di Maroko di tahun 2021, dari 5.752 peserta seleksi.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Lubis menilai pembatasan ini sebagai langkah tepat.

Baca juga: Puasa Optimalkan Imunitas, Begini Penjelasan Guru Besar IPB

Menurut dia, jumlah camaba perlu dibatasi, untuk menjamin kualitas mereka yang akan kuliah di luar negeri.

"Sehingga, mereka diharapkan dapat lulus tepat waktu dan berprestasi," ucap dia melansir laman Kemenag, Senin (17/5/2021).

Dia mengaku, seleksi, beasiswa, dan studi di mancanegara merupakan ajang diplomasi publik untuk memajukan wawasan anak bangsa.

Untuk itu, mekanisme seleksi yang dilakukan bukan untuk menghambat kebebasan mereka untuk kuliah, tapi untuk menjaringnya berdasarkan kualitas dan kompetensi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya mengapresiasi Tim dari Kemenag, UIN, OIAA, PUSIBA, dan lainnya yang telah menyelenggarakan seleksi untuk memberi kesempatan bagi putra terbaik Indonesia studi ke Timteng," ucap Amany Lubis.

Oleh karena itu, dia berharap bagi yang lolos tentu harus mempersiapkan diri dengan baik.

"Bagi yang tidak lolos, diharap bisa kuliah di dalam negeri di kampus yang tidak kalah bagus dari kampus di luar negeri," sambungnya.

Hal senada disampaikan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Cairo, Mesir Bambang Suryadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X