Kompas.com - 17/05/2021, 18:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dalam upaya mencegah berbagai macam penyakit infeksi, maka perlu meningkatkan imunitas.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan ialah melalui puasa, lalu benarkah puasa dapat meningkatkan imunitas tubuh?

Baca juga: Penyebab Masyarakat Nekat Mudik Lebaran, Ini Penjelasan Dosen Unpad

Pertanyaan itu dijawab langsung oleh Guru Besar IPB dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Prof. Hardiansyah.

Menurut dia, dari segi makanan, upaya meningkatkan imunitas bisa melalui pemenuhan kebutuhan lauk pauk, sayur, dan buah.

Karena makanan ini mengandung asam amino, vitamin B, D, A, dan mineral zink, besi dan magnesium yang diperlukan tubuh dalam pembentukan sel-sel imunitas.

"Artinya dengan memenuhi gizi seimbang seperti anjuran isi piringku, maka akan terpenuhi kebutuhan zat gizi tersebut," ujar dia melansir laman IPB, Senin (17/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, tubuh mengalami penyakit infeksi bila imunitas tubuh manusia tidak mampu merespon dan mengalahkan benda asing atau patogen yang masuk.

Tapi, kata dia, puasa mempunyai manfaat yang unik, yakni bila tubuh puasa dengan kondisi defisit energi minimal selama 12 jam berkali-kali, maka akan terjadi autofagi (autophagy).

Auto berarti sendiri dan phagy berarti makan. Sedangka Autofagi berarti sel-sel fagasom diaktifkan untuk menangkap, memakan dan menghancurkan sel-sel yang tidak aktif, yang loyo dan berusia lanjut.

Dalam ilmu imunitas dan mikrobiologi juga dikenal proses seperti autofagi yang disebut dengan senofagi (xenophagy).

Baca juga: Psikolog UNS: Catcalling Berbeda dengan Pujian

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X