Kompas.com - 17/05/2021, 13:01 WIB
Ikan gabus memiliki berbagai manfaat kesehatan showcakeIkan gabus memiliki berbagai manfaat kesehatan
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ikan gabus merupakan salah satu ikan endemik di perairan Indonesia yang populer di beberapa daerah.

Dosen dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair, Suciyono mengatakan, masyarakat yang banyak mengkonsumsi ikan gabus di Indonesia relatif cukup tinggi, khususnya di Sumatera Selatan yang merupakan makanan khas di daerah tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri 9 PTN, Ada UI, Unair, IPB hingga UGM

Dari data yang ada, pemanfaatan ikan gabus meningkat tiap tahunnya.

Di tahun 2016, pemanfaatan ikan gabus dunia dari tambak budidaya sebesar 21.721 ton dan dari hasil tangkapan alam sebesar 70.802 ton.

"Di bidang kesehatan, ikan gabus memiliki manfaat, yakni mempercepat penyembuhan luka operasi dan luka bakar, karena kandungan albuminnya," ucap dia melansir laman Unair, Senin (17/5/2021).

Budidaya ikan gabus

Dia mengaku, selama ini kegiatan penangkapan ikan menjadi penyumbang terbesar untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ikan gabus.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun demikian, bilang dia, beberapa kegiatan pembesaran ikan gabus telah dilakukan, baik mengandalkan benih dari hasil alam maupun bibit.

"Pembudidayaan ikan gabus telah banyak dilakukan untuk dijadikan calon indukan. Namun, informasi mengenai kriteria induk yang ideal untuk produktivitas benih masih terbatas," jelas dia.

Selain itu, Suciyono menjelaskan produktivitas pemijahan ikan gabus dapat dilihat dari jumlah total telur matang yang dihasilkan.

Baca juga: Pakar Unair: 3 Penyebab Drama Korea Digemari Remaja Indonesia

Pemijahan adalah proses pengeluaran sel telur induk betina dan sperma induk jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan adalah Gonad Somatic Index (GSI) yang berhubungan dengan ukuran atau berat induk ikan gabus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X