Kompas.com - 17/05/2021, 10:55 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) mendukung sepenuhnya program pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Salah satunya melalui program beasiswa pascasarjana bagi calon mahasiswa unggul yang ingin melanjutkan studi ke Program Doktor (S3) atau Program Fast Track Magister-Doktor (S2-S3) di Unpad.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, ada dua skema beasiswa yang ditawarkan Unpad, yaitu Beasiswa Program Doktor Padjadjaran untuk program S3 dan Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran untuk program fast track Magister-Doktor.

"Kedua program ini merupakan salah satu kontribusi nyata Unpad dalam mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia", kata Prof. Rina seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Telkomsel Berikan Beasiswa dengan Ikatan Dinas, Yuk Simak Syaratnya

Unpad sediakan beasiswa

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini mengungkapkan, pendaftaran dua program beasiswa ini dapat dilakukan melalui jalur pendaftaran Pascasarjana reguler di laman SMUP Unpad.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara pendaftarannya akan mengikuti mekanisme SMUP yang reguler.

"Calon mahasiswa nantinya dapat memilih apakah akan mendaftar ke program melalui penawaran beasiswa ini atau tidak," tandas Prof. Rina.

Baca juga: Tanpa Tes Tertulis, Universitas Pertamina Buka Seleksi Nilai Rapor

Pembelajaran berbasis riset

Secara teknis, dua program beasiswa ini diarahkan pada pembelajaran berbasis riset. Program ini diintegrasikan dengan hibah riset internal Unpad yang diperoleh para calon promotor.

Pada tahun 2021 ini, lanjut Rektor, melalui Hibah Riset yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Unpad, sebanyak 13 dosen terpilih akan menjadi promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Program Doktor Padjadjaran.

Selain itu 14 dosen terpilih akan bertindak sebagai promotor untuk mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X