Kompas.com - 17/05/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi Startup SHUTTERSTOCKIlustrasi Startup
|

KOMPAS.com - Dunia kerja itu luas. Tak memandang dia lulusan apa, tetapi siapa saja bisa sukses. Asalkan berbekal kemampuan diri dan punya kemauan keras.

Seperti halnya lulusan SMK yang satu ini. Sopian Gunawan yang merupakan alumnus SMKN 3 Bandung langsung menggenjot dirinya untuk bekerja.

Berbekal pengetahuan yang diperoleh selama duduk di bangku SMK pada jurusan multimedia, ditambah semangat tinggi untuk mengeksplor diri dengan hal-hal baru untuk belajar, Sopian kini sukses membangun startup sendiri.

Baca juga: Siswa, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Bahan Ini

Tetapi, kesuksesannya itu tak bisa diraih dengan mudah begitu saja. Ia harus berjuang keras dengan bekerja di berbagai tempat.

Pertama kali bikin desain web

Ia bahkan memiliki pengalaman bekerja sebagai desain web di salah satu perusahaan di Surabaya. Tak hanya itu saja, Sopian juga turut membuat desain web untuk Kementerian Buruh di Brunei Darussalam.

"Waktu itu pekerjaan pertama desain web itu cukup challenging, soalnya langsung buat desain web untuk Kementerian Buruh di Brunei," ucap Sopian seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (13/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Itu mereka pertama kali bikin desain web, dan itu pertama kalinya untuk saya," imbuh Sopian Gunawan yang kini menjadi CEO Quix Design Services.

Namun, sebelumnya Sopian pernah bekerja sebagai asisten wartawan di salah satu media. Di samping itu, Sopian juga pernah bekerja sebagai animator.

Dengan pengalaman-pengalaman tersebut, Sopian mengaku semakin tertantang untuk mempelajari hal-hal baru dalam mengasah potensi dirinya.

Terlebih setelah bekerja di bidang desain web, dirinya mengaku termotivasi untuk mempelajari coding.

Baca juga: 8 Lowongan Kerja Lulusan SMK Minggu Ketiga Mei 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X