Kompas.com - 12/05/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 saat ini masih ada yang berjibaku mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) berlalu, penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri bisa menjadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan.

Seleksi Mandiri yang diadakan PTN ini biasanya memiliki peminat lebih sedikit jika dibandingkan jalur SNMPTN maupun UTBK SBMPTN.

Calon mahasiswa yang ingin mengikuti Seleksi Mandiri ini bisa diterima tidak hanya melalui hasil ujian tertulis saja. Tapi juga bisa melalui hasil UTBK, rapor atau prestasi sebagai bahan penilaiannya.

Selain itu, Seleksi Mandiri biasanya juga memiliki biaya pendaftaran dan pendidikan yang lebih mahal. Selain soal biaya, calon mahasiswa juga jangan sampai kelewatan informasi terkait daya tampung Seleksi Mandiri di tiap-tiap PTN.

Kali ini Kompas.com merangkumkan 10 PTN dengan kuota terbanyak melalui jalur Seleksi Mandiri. Yuk simak bersama informasi ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daftar PTN dengan kuota terbanyak di Seleksi Mandiri

Merangkum dari akun Instagram UTBK Masuk Kampus, berikut 10 PTN dengan kuota terbanyak di jalur Seleksi Mandiri.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Seleksi Mandiri 2021 menyediakan kuota sebanyak 6.927 kursi

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X