Kompas.com - 17/05/2021, 11:36 WIB
Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina Dok. Universitas PertaminaProgram Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina

KOMPAS.com - Universitas Pertamina memberikan kemudahan akses pendidikan tinggi melalui sejumlah program beasiswa di tahun 2021.

Beasiswa Ujung Negeri menjadi salah satu program beasiswa yang masih dibuka pendaftarannya hingga 21 Juni 2021. Beasiswa ini memberikan pembebasan 100 persen uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan delapan semester.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto mengatakan, beasiswa Beasiswa Ujung Negeri ditujukan untuk siswa dari daerah 3T.

"Beasiswa ini memberikan pembebasan 100 persen uang gedung dan uang SPP selama masa pendidikan delapan semester. Siswa siswi dari daerah 3T terpilih juga akan memperoleh uang saku bulanan, penggantian transpor ke Jakarta dan biaya premi asuransi kecelakaan,” ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri PTN 2021: UI, UGM, ITB

Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) menyebutkan selama 5 tahun terakhir, pemerintah terus menggenjot pembangunan di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal).

Ini dibuktikan dengan makin berkurangnya jumlah daerah tertinggal di Indonesia. Dari total 122 daerah tertinggal pada tahun 2015, tercatat tahun lalu tinggal 62 daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendukung upaya pembangunan daerah 3T khususnya bidang edukasi, Universitas Pertamina menyiapkan dana sebesar Rp 1,4 miliar dalam bentuk Beasiswa Ujung Negeri.

Melalui Beasiswa Ujung Negeri, lanjut dia, diharapkan para lulusan akan kembali ke wilayah asal untuk mendukung pembangunan daerah.

Budi melanjutkan, selama menempuh pendidikan di Universitas Pertamina, semua penerima jenis beasiswa akan ditanamkan enam nilai universitas yang salah satunya adalah socially responsible.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 15 Juta Per Bulan

Selama perkuliahan, mahasiswa penerima beasiswa di Universitas Pertamina juga akan mendapatkan akses magang dan kerja praktik di industri, termasuk di Pertamina grup.

Mereka juga akan diajar oleh para dosen dan praktisi terbaik di bidangnya. Selain itu, juga terdapat kesempatan untuk berkarier di Pertamina grup bagi lulusan terbaik, sesuai syarat dan aturan yang berlaku di Pertamina.

Selain Beasiswa Ujung Negeri, Universitas Pertamina juga memiliki 15 jenis beasiswa lain, seperti Seleksi Nilai Rapor (SNR). Info lengkap beasiswa dapat dilihat melalu laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/ 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X