Tingkat "Intellectual Humility" Mahasiswa di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2021, 13:31 WIB
Tingkat Intellectual Humility Mahasiswa dan Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia Growth CenterTingkat Intellectual Humility Mahasiswa dan Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia

Oleh: Arki Sudito*

KOMPAS.com - Kata mahasiswa terdiri dari dua suku kata, maha dan siswa. Dalam hal ini, ‘maha’ menjadi awalan kata (prefiks) ‘ter-’ sedangkan ‘siswa’ memiliki arti atau padanan kata ‘pelajar’.

Jadi, arti harfiah dari mahasiswa sejatinya adalah terpelajar atau orang-orang terpelajar. Selain itu, kata sarjana berasal dari bahasa Jawa kuno yang memiliki arti ‘orang pandai’.

Dari asal-usul katanya, ‘mahasiswa’ dan ‘sarjana’ diharapkan memiliki ilmu yang tinggi—sebagai orang yang terpelajar. Dengan pandangan tersebut, apakah mahasiswa dan sarjana lulusan perguruan tinggi di Indonesia juga memiliki intellectual humility yang tinggi?

Mark Leary (dalam Resnick, 2019) mendefinisikan intellectual humility sebagai pengakuan terhadap apa yang dipahami dalam berbagai hal dapat saja salah.

Resnick (2019) menyatakan bahwa intellectual humility merupakan karakteristik individu yang memberikan ruang untuk kesalahan.

Individu dengan intellectual humility tinggi akan menerima kemungkinan bahwa bisa jadi ia melakukan kesalahan sehingga ia terbuka untuk belajar dari orang lain, baik dari pengetahuan maupun pengalaman.

Baca juga: 4 Ciri Orang Rendah Hati

Growth Center melakukan penelitian mengenai intellectual humility mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia.

Penelitian ini melibatkan 5.000 responden dari berbagai perguruan tinggi. Hasilnya menunjukkan bahwa 82 persen dari sampel mahasiswa dan lulusan universitas di Indonesia memiliki intellectual humility tinggi—kategori learner.

Sedangkan sisanya, 18 persen, memiliki intellectual humility rendah—kategori aristocrat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X