Kompas.com - 04/05/2021, 12:15 WIB
Ikatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom. Dok. ITBIkatan Alumni Teknik Lingkungan (IA-TL) ITB mengadakan diskusi terkait strategi dalam mewujudkan ITB sebagai eco-campus pada Jumat (15/5/2020) lalu melalui Zoom.

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) ITB tahun 2021 mulai Senin (3/5/2021). Jalur Seleksi Mandiri ITB 2021 memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Melansir laman resmi ITB, jalur Seleksi Mandiri ITB 2021 juga memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Jaka Sembiring mengatakan ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah di Universitas Indonesia 2021 Program S1 Reguler

"Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu,” kata Jaka seperti dilansir dari laman ITB, Senin (3/5/2021).

Selain biaya pendaftaran, Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” tegasnya.

Seleksi Mandiri terbuka untuk semua program studi

Meski jalur Seleksi Mandiri ITB dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Jaka menegaskan pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi.

Baca juga: Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri S1 Perguruan Tinggi Negeri 2021

“Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” lanjut Jaka.

Pada Seleksi Mandiri ITB tahun ini, calon mahasiswa dapat memilih langsung program studi yang diinginkan.

“Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon,” papar Jaka.

Lebih lanjut, Jaka juga memaparkan bahwa seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6.

“Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.