4 Ciri Orang Rendah Hati

Kompas.com - 17/04/2021, 07:15 WIB
4 CIRI ORANG RENDAH HATI Growth Center4 CIRI ORANG RENDAH HATI

Oleh: Andrea Lusi Anari*

"A true genius admits that he/she knows nothing” – Albert Einstein

KOMPAS.com - Pernyataan Albert Einstein tersebut sangat relevan dengan kondisi kita, sebagai pribadi maupun sebagai pemimpin. Terutama di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity) ini, era yang penuh gejolak, ketidakpastian, kompleksitas, dan ketidakjelasan.

Perubahan yang begitu cepat terjadi membuat pengetahuan, pengalaman, dan keahlian yang selama ini kita miliki kadang menjadi tidak relevan lagi.

Berbagai riset menunjukkan karakteristik pemimpin dibutuhkan saat ini di antaranya kreatif dan fleksibel. Pemimpin diharapkan dapat memiliki fleksibilitas berpikir dengan cara berbeda, bersedia mengakui kesalahan, dan mampu beradaptasi dengan kondisi yang dinamis.

Pribadi atau pemimpin yang hebat tidak akan pernah berhenti belajar dan bertumbuh mengikuti perubahan yang terjadi di dunia.

Mereka selalu mendengarkan dan mempertimbangkan pendapat orang lain sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang tepat.

Mereka berhasil karena mereka menunjukkan kerendahan hati untuk mengakui bahwa mereka tidak selalu lebih tahu, tidak selalu paling benar dan mereka menunjukkan kesediaan untuk belajar dari orang lain.

Baca juga: Meningkatkan Kegigihan dengan Growth Mindset

Kerendahan hati yang dimaksud di artikel ini adalah intellectual humility, yaitu kesediaan individu mengakui pemahamannya mengenai berbagai hal sangat mungkin salah.

Individu yang memiliki kerendahan hati akan memberikan ruang dan menerima bahwa kemungkinan ia dapat melakukan kesalahan. Ia pun terbuka untuk belajar dari orang lain, baik dari pengetahuan maupun pengalaman orang lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X