Tumbuhkan Kepekaan Siswa, Sekolah Semesta Gelar "Semesta Charity Akbar 2021"

Kompas.com - 10/04/2021, 16:49 WIB
Acara penutupan Semesta Charity Akbar, yang diadakan Sekolah Semesta Semarang, Sabtu, 3 April 2021 via Zoom, turut dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. DOK. SEKOLAH SEMESTAAcara penutupan Semesta Charity Akbar, yang diadakan Sekolah Semesta Semarang, Sabtu, 3 April 2021 via Zoom, turut dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

KOMPAS.com - Dalam rangka menguatkan pendidikan karakter siswa, utamanya dalam hal kepedulian terhadap sesama, Sekolah Semesta Semarang mengadakan kegiatan "Semesta Charity Akbar" yang digelar pada bulan April 2021 ini.

Inti dari kegiatan ini adalah berbagi dengan anak yatim piatu duafa di Semarang dan sekitarnya. Sekolah Semesta berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 160 juta rupiah dan telah didistribusi ke 18 panti asuhan di kota Semarang dan sekitarnya.

"Semesta charity Akbar merupa agenda santunan untuk yatim dan piatu yang selalu dilakukan setiap tahunnya meskipun di masa pandemi Covid-19 di tahun 2021 ini. Sebelumnya dilakukan secara offline tetapi tidak mengurangi niat berbagi di masa sulit ini," jelas Akbar Rahmat Maulidin melalui rilis resmi (10/4/2021).

Membangun kepekaan siswa

Dalam acara penutupan "Semesta Charity Akbar", Sabtu, 3 April 2021 via Zoom, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan apresiasi positif atas kegiatan yang dilakukan siswa dan komite sekolah Semesta.

"Ada seribu jalan kebaikan dalam satu jam kehidupan, kita punya seribu energi agar kita tidak cepat luluh dan mengeluh. Beristiqomahlah dalam berbagi kebaikan, spirit Semesta Charity akbar ini harus kita praktekkan di setiap sendi kehidupan,” pesan Ganjar. 

Baca juga: Perkuat Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dengan Pembelajaran Berbasis Bimbingan

Hal senada disampaikan Wihaji, Bupati Batang yang juga orangtua salah satu siswa SMA Semesta.

"Sekolah Semesta memberikan inspirasi kepada kita bahwa di sekeliling kita banyak warga sekitar yang membutuhkan pertolongan. Bukan masalah nominal yang disumbangkan tetapi lebih terhadap perhatian kita terhadap warga sekitar,” jelasnya.

Lebih jauh Rahmat menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi kepada para siswa tentang makna berbagi dengan sesama. Harapannya, empati siswa semakin meningkat sehingga kelak nanti jika sudah lulus memiliki kepedulian tinggi dengan sesama.

“Kami berharap anak-anak Sekolah Semesta dapat mengambil makna dari kegiatan ini dengan harapan semakin peka untuk berbuat baik kepada sesama khususnya yang kurang mampu. Selain itu untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” jelas Rahmat.

Melibatkan seluruh sivitas akademika

Sekolah Semesta berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 160 juta rupiah dan telah didistribusi ke 18 panti asuhan di kota Semarang dan sekitarnya.DOK. SEKOLAH SEMESTA SEMARANG Sekolah Semesta berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 160 juta rupiah dan telah didistribusi ke 18 panti asuhan di kota Semarang dan sekitarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X