Kompas.com - 10/04/2021, 13:20 WIB
Situs Seleksi Penerimaan Calon Tarunan Kementerian Perhubungan sipencatar.dephub.go.idSitus Seleksi Penerimaan Calon Tarunan Kementerian Perhubungan
|

KOMPAS.com - Bagi para lulusan SMA/Sederajat yang bercita-cita ingin menjadi calon aparatur sipil negara (ASN), maka bisa mendaftar di sekolah kedinasan.

Sebab, pendaftaran perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan untuk tahun ajaran baru 2021/2022 telah resmi dibuka pada, Jumat (9/4/2021).

Dalam konferensi pers Badan Kepegawaian Negara (BKN) Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengumumkan bahwa pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan atau Dikdin 2021 dibuka serentak 9 April 2021 pukul 09.21 WIB.

Baca juga: Daftar Daya Tampung Sekolah Kedinasan, Kemenhub Terbanyak

Adapun pendaftaran online dibuka mulai 9-30 April 2021. Ada 8 instansi pembina sekolah kedinasan yang membuka rekrutmen.

  1. Kementerian Dalam Negeri
  2. Kementerian Keuangan
  3. Kementerian Hukum dan HAM
  4. Kementerian Perhubungan
  5. Badan Intelijen Negara
  6. Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika
  7. Badan Siber dan Sandi Negara
  8. Badan Pusat Statistik

"Untuk proses pendaftarannya melalui satu portal yakni dikdin.bkn.go.id. Pendaftar juga hanya bisa melamar satu sekolah kedinasan," ujar Suharmen seperti dikutip dari laman BKN, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, ada 29 sekolah kedinasan dari delapan instansi akan menerima sebanyak 6.464 calon siswa/siswi/taruna/taruni.

Berkas yang dibutuhkan

Adapun berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar sekolah kedinasan yakni:

  • pas foto
  • KTP atau surat keterangan
  • Kartu Keluarga
  • ijazah atau surat keterangan lulus
  • rapor SMA/sederajat
  • dokumen lain yang diatur masing-masing instansi

Baca juga: Peserta UTBK-SBMPTN 2021, Ini 4 Tips Persiapan dari LTMPT

Cara daftar sekolah kedinasan 2021

1. Pelamar mengakses portal SSCASN di laman https://sscasn.bkn.go.id dan pilih SSCN Dikdin.

2. Membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil kemudian mencetak Kartu Informasi Akun

3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X