Kompas.com - 10/04/2021, 08:09 WIB
Ilustrasi Membacakan Dongeng DOK. PIXBAY/BOBOIlustrasi Membacakan Dongeng
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan indeks literasi di Indonesia butuh kerjasama semua pihak.

Tak hanya peran dari instansi pemerintah saja, tapi keberadaan pengarang, penulis buku, penerbit, perusahaan rekaman dan penerjemah atau penyadur juga menjadi bagian dalam penguatan pada sisi hulu.

Baca juga: Pakar IPB: Ini Cara Kurangi Permasalahan Anak

Dalam hal ini, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI terus berupaya menjalin sinergi dengan para pemangku kepentingan untuk menguatkan sisi hulu literasi.

Penguatan sisi hulu literasi harus dilakukan agar sisi hilir literasi yakni budaya baca dan indeks literasi mengalami peningkatan.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi menerangkan, butuh kerjasama semua pihak untuk menjamin terbitnya regulasi yang mengatur distribusi bahan bacaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, kata dia, bisa memperkecil ketimpangan antarwilayah serta tersedianya anggaran belanja buku di setiap daerah.

"Kita lihat juga bagaimana jumlah penduduk di Indonesia yang sebanyak 268 juta yang dibandingkan dengan jumlah bahan bacaan yang dimiliki oleh oleh perpustakaan umum (daerah) di Indonesia hanya 22.318.083 eksemplar. Jadi rasionya adalah 0,098," ucap Deni melansir laman Perpusnas, Jumat (9/4/2021).

Adanya keadaan itu, dia menyebut, merupakan tugas bersama. Sebab, bila bicara tentang pembudayaan kegemaran membaca merupakan tugas pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Hukum di Masyarakat, Dosen UMM Ciptakan Aplikasi Ini

 Perpusnas sediakan layanan daring

Sejauh ini, Perpusnas telah menyediakan layanan daring yang bisa diakses setiap saat dan bebas biaya. Hal ini bertujuan agar bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X