Kompas.com - 05/04/2021, 21:16 WIB
Ilustrasi orangtua ShutterstockIlustrasi orangtua
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi permasalahan yang dihadapi anak, terutama di masa Pandemi Covid-19 adalah peningkatan interaksi anak dengan orangtua.

Demikian disampaikan oleh Ketua Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB Tin Herwati, melansir laman IPB, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Turunkan Berat Badan Tanpa Bahayakan Kesehatan ala Pakar IPB

"Jadi orangtua harus meningkatkan interaksi dengan anak-anak. Lalu, ada juga pengawasan dan dukungan kepada anak-anak," sebut dia.

Dia mengaku, hasil penelitian menunjukkan interaksi orangtua dengan anak yang baik, maka bisa membantu anak memiliki ketangguhan dalam menghadapi kerentanan.

Dengan begitu, fungsi dan peran orangtua sangat penting dalam memberi dukungan, mengawasi, dan berkomunikasi dengan baik terhadap anak.

Dia menyebut, interaksi orangtua terhadap anak harus disertai suasana kehangatan, dorongan, perawatan dan bantuan dari orangtua.

"Jika hal itu dilakukan maka anak merasa diperhatikan dihargai dan bernilai sehingga akan membentuk kepribadian anak menjadi baik," ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, sudah seharusnya orangtua menjadi teman bagi anak-anak di rumah, sehingga anak-anak bisa berbagi cerita, melaksanakan berbagai aktivitas bersama.

"Pada akhirnya anak menjadi nyaman dan tetap bahagia di rumah," sebutnya.

Meski pada kenyataannya, lanjut dia, kondisi ekonomi keluarga banyak yang terguncang saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Mahasiswa IPB Juara Kompetisi Public Speaking Internasional

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.