Kompas.com - 11/03/2021, 18:30 WIB
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menawarkan program UMN Digital Learning (UDL) untuk masyarakat yang mau berkuliah sambil bekerja. Dokumen Universitas Multimedia NusantaraUniversitas Multimedia Nusantara (UMN) menawarkan program UMN Digital Learning (UDL) untuk masyarakat yang mau berkuliah sambil bekerja.


KOMPAS.com - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan bisa dioptimalkan para mahasiswa.

Ada 8 kegiatan pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa dilakukan mahasiswa selama menjalani perkuliahan.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) resmi menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Sejalan dengan misi UMN, program ini dapat mendorong seluruh mahasiswa UMN untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Terapkan kurikulum MBKM

Pada dasarnya, MBKM dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus. Mahasiswa diberi keleluasaan untuk memilih kegiatan MBKM yang mereka inginkan.

Kebijakan ini lahir dari visi misi Presiden Joko Widodo yang akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sebagai upaya mendapatkan generasi masa depan yang berkualitas. Di UMN, program ini akan diterapkan di seluruh program studi yang ada.

Baca juga: UMN Tawarkan Digital Learning, Solusi Kuliah Sambil Bekerja

“Universitas Multimedia Nusantara sangat mendukung program pemerintah yang sangat baik ini dan akan diterapkan mulai dari semester ganjil 2021/2022,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik UMN, Friska Natalia dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (11/3/2021).

Mahasiswa bisa lebih mandiri

Sebelumnya, kampus merupakan semata tempat untuk belajar mahasiswa secara tatap muka langsung dengan dosen sebagai pengajar. Dosen merupakan sumber utama bagi mahasiswa mendapat pembelajaran.

Namun dengan adanya Kampus Merdeka, direfleksikan sebagai bentuk kemerdekaan mahasiswa dalam belajar. Tidak lagi harus di depan kelas yang sudah diagendakan bersama dosen.

Baca juga: Ikut Kampus Mengajar, Mahasiswa Dapat Uang Saku Bulanan dan Bantuan UKT

Mahasiswa diharapkan akan bisa mandiri dalam menyelesaikan berbagai upaya pemecahan masalah nyata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X