Kompas.com - 11/03/2021, 17:10 WIB
Ilustrasi swab test Covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi swab test Covid-19

KOMPAS.com - Salah satu kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pembelajaran tatap muka, secara fleksibel sekolah bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk persiapannya.

Misalnya, membeli thermo gun dan sarana prasarana berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19.

Namun, Kemendikbud menegaskan jika dana BOS belum bisa digunakan untuk pengadaan swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) test sebelum menggelar pembelajaran tatap muka.

"Saya mendapat banyak pertanyaan terkait itu. Kalau Rapid, atau PCR kita belum bisa gunakan lewat BOS. karena relatif mahal. Kecuali pribadi," terang Sekretaris Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud, Tora Akadira dilansir dari laman Youtube Direktorat Sekolah Dasar.

Artinya, dalam pelaporan dana BOS, penggunaan untuk swab test tidak akan diterima. Kemendikbud sendiri telah menentukan daftar belanja pendukung pembelajaran tatap muka yang bisa menggunakan dana BOS tersebut.

Baca juga: Kuliah Bisa Tatap Muka Tahun Ini, Berikut Aturannya

"Jadi yang sesuai protokol kesehatan. Misalnya, toilet, lalu membuat ketersediaan sarana sanitasi dan cuci tangan pakai sabun, air mengalir, dan hand sanitizer," jelasnya.

Kemudian dana BOS juga dapat digunakan untuk memfasilitasi akses warga pendidikan menuju fasilitas kesehatan masyarakat terdekat. Hingga pemanfaatan dana BOS untuk membeli masker.

Sekolah, juga diminta memiliki peta warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol.

Baca juga: Selain Vaksin untuk Guru, Ada Dua Indikator Belajar Tatap Muka

Selanjutnya, sekolah juga dapat memanfaatkan dana BOS untuk berkoordinasi dengan komite sekolah, guru beserta wali. Sebab dibutuhkan persetujuan orang tua murid bagi siswa yang ingin masuk sekolah.

"Memiliki persetujuan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka. Ini daftar periksa yang akan kita biayai lewat dana BOS," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X