Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2021, 14:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tak jadi penghalang bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasa dilakukan para mahasiswa.

Baru-baru ini dosen dan mahasiswa Teknologi Informasi (TI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama kelompok tani Ngudi Mulyo dengan produk UMKM Bingkon Kakao sebagai mitra di desa Nglegi, Patuk, GunungKidul, D.I. Yogyakarta.

Salah satu program pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan pemasaran online dan desain kemasan. Tim KKN TI UMY 239 ini diketuai oleh Muhammad Muttaqien, dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY.

Tingkatkan produk olahan kelompok tani

Salah satu produk hasil kelompok tani Ngudi Mulyo yakni Bingkon Kakao yang merupakan produk olahan cokelat. Bahkan produk berbahan cokelat ini sudah diproduksi sejak tahun 2018.

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa UNS Jalani KKN Secara Mandiri

Produk olahan cokelat yang dihasilkan diantaranya cokelat bubuk, rengginang cokelat dan cokelat batangan. Produk ini juga sudah memiliki label halal oleh MUI, terdaftar BPOM, dan memiliki sertifikat izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Namun di era saat ini, punya produk yang unik saja belum cukup untuk menarik minat konsumen. Tim KKN UMY menyadari bahwa perkembangan teknologi yang sangat cepat dan hampir semua sektor bersinggungan dengan digital, telah membuat setiap pelaku usaha perlu untuk meningkatkan kreativitas.

Seperti bagaimana memasarkan produknya secara online dan mendesain kemasan agar terlihat lebih menarik.

Jangkau lebih banyak konsumen

Muttaqien menjelaskan, kolaborasi pengabdian yang dilakukannya ini adalah untuk membantu petani Ngadi Mulyo meningkatkan kemampuan pemasaran secara online dan desain kemasan menarik.

Baca juga: KKN UGM Daring, Ini Cerita dari Mahasiswa dan Dosen...

"Pengabdian ini adalah salah satu pilar dari catur dharma dosen UMY, yang merupakan tanggungjawab dan harus kami jalankan sebagai seorang pengajar," papar Muttaqien dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Salah satu program pengabdian yang dilakukan saat ini adalah mengadakan pelatihan pemasaran online dan desain kemasan untuk kelompok tani Ngudi mulyo dengan produk UMKM bernama Bingkon Kakao.

Tidak hanya itu saja, tim KKN UMY juga mengundang profesional desainer grafis sebagai pemateri.

Undang pemateri dari kalangan profesional

Kegiatan pelatihan ini mengundang Indra Triwahyudi selaku profesional desainer grafis dan pelaku usaha dengan produk Niteni.id.

"Dari Mas Indra sendiri selaku pemateri sudah dikupas secara tuntas berkaitan dengan desain serta strategi pemasaran dan upaya kita ke depan. Dengan ini, tentu saja kami akan memaksimalkan anak muda yang sudah menjadi tim pemasaran," ungkap Muttaqien.

Muttaqien berharap dengan adanya pelatihan ini, kelompok tani Ngudi Mulyo mampu membuat atau memiliki kemasan yang lebih menarik untuk produk UMKM dengan Instagram @Bingkon_Kakao.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kemasan dari produk Bingkon Kakao semakin bisa diterima oleh konsumen," pungkasnya.

Baca juga: UGM Terjunkan Mahasiswa KKN Bantu Siswa yang Sulit Belajar Online

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Ngudi Mulyo Pairan menyambut baik kegiatan semacam ini. "Dengan adanya kegiatan ini, ke depan produk Bingkon ini bisa diterima masyarakat, dan bisa menjadi tolak ukur agar lebih baik," terang Pairan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com