Kompas.com - 07/02/2021, 14:11 WIB
Dosen dan mahasiswa dari UMY memberikan pelatihan pemasaran online dan desain kemasan bagi kelompok tani di Gunungkidul, Yogyakarta Dokumen tim KKN UMYDosen dan mahasiswa dari UMY memberikan pelatihan pemasaran online dan desain kemasan bagi kelompok tani di Gunungkidul, Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tak jadi penghalang bagi dosen dan mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasa dilakukan para mahasiswa.

Baru-baru ini dosen dan mahasiswa Teknologi Informasi (TI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama kelompok tani Ngudi Mulyo dengan produk UMKM Bingkon Kakao sebagai mitra di desa Nglegi, Patuk, GunungKidul, D.I. Yogyakarta.

Salah satu program pengabdian yang dilakukan adalah pelatihan pemasaran online dan desain kemasan. Tim KKN TI UMY 239 ini diketuai oleh Muhammad Muttaqien, dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY.

Tingkatkan produk olahan kelompok tani

Salah satu produk hasil kelompok tani Ngudi Mulyo yakni Bingkon Kakao yang merupakan produk olahan cokelat. Bahkan produk berbahan cokelat ini sudah diproduksi sejak tahun 2018.

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa UNS Jalani KKN Secara Mandiri

Produk olahan cokelat yang dihasilkan diantaranya cokelat bubuk, rengginang cokelat dan cokelat batangan. Produk ini juga sudah memiliki label halal oleh MUI, terdaftar BPOM, dan memiliki sertifikat izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga).

Namun di era saat ini, punya produk yang unik saja belum cukup untuk menarik minat konsumen. Tim KKN UMY menyadari bahwa perkembangan teknologi yang sangat cepat dan hampir semua sektor bersinggungan dengan digital, telah membuat setiap pelaku usaha perlu untuk meningkatkan kreativitas.

Seperti bagaimana memasarkan produknya secara online dan mendesain kemasan agar terlihat lebih menarik.

Jangkau lebih banyak konsumen

Muttaqien menjelaskan, kolaborasi pengabdian yang dilakukannya ini adalah untuk membantu petani Ngadi Mulyo meningkatkan kemampuan pemasaran secara online dan desain kemasan menarik.

Baca juga: KKN UGM Daring, Ini Cerita dari Mahasiswa dan Dosen...

"Pengabdian ini adalah salah satu pilar dari catur dharma dosen UMY, yang merupakan tanggungjawab dan harus kami jalankan sebagai seorang pengajar," papar Muttaqien dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Salah satu program pengabdian yang dilakukan saat ini adalah mengadakan pelatihan pemasaran online dan desain kemasan untuk kelompok tani Ngudi mulyo dengan produk UMKM bernama Bingkon Kakao.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X