Kompas.com - 07/02/2021, 12:59 WIB
Ilustrasi makanan manis PressmasterIlustrasi makanan manis


KOMPAS.com - Makanan manis seperti permen, coklat, es krim, kue dan wafer tentu menjadi kesukaan anak kecil. Namun konsumsi makanan manis terlalu sering juga tidak bagus bagi kesehatan anak-anak.

Sebagai orangtua, apa yang dimakan anak perlu diperhatikan. Jangan sampai anak-anak kecanduan dengan makanan manis dan kebiasaan ini berlanjut hingga anak remaja dan dewasa.

Sudah banyak penelitian membuktikan efek negatif dari konsumsi makanan manis secara berlebihan. Mulai dari gangguan perilaku, gejala alergi, masalah pencernaan, obesitas, sampai melemahnya imunitas tubuh.

Belum lagi ditambah risiko klasik yang sudah berulang kali diperingatkan para dokter dan orangtua. Yakni ancaman sakit gigi akibat gigi yang berlubang.

Baca juga: Pakar UGM: Gizi Makanan Lebih Berperan Tingkatkan Imun ketimbang Suplemen

Tapi menjauhkan anak dari kegemaran makanan manis ini menjadi PR berat bagi para orangtua.

Sugar high dan efek candu

Para pakar dan pengamat di bidang nutrisi serta kesehatan memfokuskan perhatian mereka pada konsumsi gula berlebihan. Khususnya yang dilakukan oleh kelompok usia dini.

Gaya hidup lembam (sedentary lifestyle) dan konsumsi gula berlebihan merupakan dua hal yang dicurigai menjadi penyebab meningkatnya jumlah anak penyandang obesitas di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Pakar IPB: Rempah dan Makanan Lokal Ini Dapat Cegah Covid-19

Jika para orangtua membebaskan anaknya mengonsumsi makanan manis berlebihan. Ada sederet dampak negatif yang bisa dialami anak.

Menurut dr. William Sears, dokter spesialis anak dari California dari Amerika Serikat yang juga penulis sejumlah buku best seller tentang nutrisi dan pengasuhan anak, meski gula bisa berperan sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Tetapi asupan gula per hari perlu dibatasi lantaran manfaat konsumsi gula jauh lebih kecil dibandingkan potensi kerusakan yang bisa ditimbulkannya terhadap tubuh anak-anak.

Baca juga: Selama WFH Bahan Makanan Harus Diatur, Ini 6 Tips dari Akademisi IPB

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X