Kompas.com - 03/01/2021, 07:45 WIB
Untuk pertama kalinya, bunga kecombrang  (Etlingera elatior) asal Sumatera Utara menembus pasar Malaysia melalui Pelabuhan Belawan. Bunga kecombrang merupakan campuran makanan khas dengan kandungan nutrisi dan serat yang tinggi. IstimewaUntuk pertama kalinya, bunga kecombrang (Etlingera elatior) asal Sumatera Utara menembus pasar Malaysia melalui Pelabuhan Belawan. Bunga kecombrang merupakan campuran makanan khas dengan kandungan nutrisi dan serat yang tinggi.

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan sumber daya alam lokal yang dinilai dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19.

Hal tersebut dipaparkan dalam webinar Program Guru Besar IPB Mengabdi yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerja sama dengan Asosiasi Profesor Indonesia (API).

Dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Nancy Dewi Yuliana mengatakan, sayur dan rempah lokal Indonesia berpotensi sebagai immuno stimulan.

Baca juga: Guru Besar IPB Temukan Formula Minuman Penurun Gula Darah

Ia menyebut, beberapa temuan penelitian mengungkap bahwa diet atau jenis makanan yang dimakan dapat berpengaruh pada sistem imun tubuh utamanya pada sel-sel yang berperan dalam menangkal patogen.

Konsumsi sayur dan rempah-rempah lokal dinilai dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan Covid-19.

Kecombrang dan jambu mete

Beberapa jenis rempah lokal yang dapat berpotensi sebagai immuno stimulant, lanjut dia, yakni kecombrang dan daun jambu mete.

Analisis metabolomik berbasis GC-MS dilakukan untuk melihat aktivitas senyawa dalam rempah yang dapat membantu dalam menghambat replikasi virus SARS-Cov2.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

Hasilnya, jelas dia, ditemukan bahwa hampir semua senyawa dalam kecombrang dan daun jambu mete dapat menghambat replikasi virus tersebut.

"Penelitian terhadap rempah-rempah tersebut dilakukan berdasarkan sifat fungsional dan aktivitasnya sebagai immuno stimulant," paparnya dalam keterangan tertulis di laman IPB University.

Berdasarkan indeks stimulasinya, imbuh dia, dapat diprediksikan rempah yang mampu membantu meningkatkan aktivitas proliferasi sel limfosit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X