Kompas.com - 10/05/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi makanan sehat shutterstockIlustrasi makanan sehat
|

KOMPAS.com - Sejak pemerintah menerapkan imbauan untuk tetap di rumah saja karena adanya virus corona, maka semua kehidupan sehari-hari masyarakat berubah.

Bahkan untuk memutus rantai penyebaran virus corona sekaligus menjaga physical distancing, segala aktivitas kini dilakukan dari rumah. Seperti bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Pada masa-masa di rumah itu tentu memerlukan adaptasi. Yakni masyarakat harus mulai menyesuaikan diri dengan baik, mulai dari pola makan hingga kondisi emosional.

Berbicara mengenai pola makan, Dosen IPB University dari Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi, Sekolah Vokasi, Rosyda Dianah, SKM, MKM, membeberkan bagaimana mengatur bahan makanan selama WFH ini.

Baca juga: Guru Besar IPB: Ini 7 Tips Keluarga Harmonis di Tengah Pandemi

Menurut dia, selain menjaga efektivitas bekerja dari rumah, menjaga pola makan sehat juga menjadi tantangan selama WFH.

Semua itu harus dilakukan dengan cara manajemen bahan makanan yang baik. Jadi, mulai sekarang tak lagi bisa asal-asalan menyangkut makanan.

Ada beberapa cara untuk mengatur bahan makanan selama WFH. Apa saja itu, berikut penjelasan dari Akademisi IPB tersebut:

1. Susun bahan makanan

Hal yang pertama dilakukan ialah menyusun menu bahan makanan selama siklus tertentu atau pada siklus pandemi ini.

Jika selama ini kita menyusun menu hanya untuk 7 hari, dalam masa pandemi ini bisa dibuat untuk 30 hari. Rencanakan jumlah dan jenis bahan makanan sesuai menu.

2. Bedakan jenis makanan

Bedakan bahan makanan basah seperti hewani, sayur sayuran, buah dan makanan kering tepung dan pasta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X