Pandemi Tak Kunjung Usai, Mahasiswa UNS Jalani KKN Secara Mandiri

Kompas.com - 05/06/2020, 09:00 WIB
Gedung Rektorat UNS Dok. ArimbihpGedung Rektorat UNS


SURAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret ( UNS) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) secara mandiri atau individu di tengah pandemi Covid-19.

Mata kuliah wajib berbobot dua satuan kredit semester (SKS) yang diadakan pada Juli - Agustus tersebut dimajukan menjadi April-Juni 2020.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (18/5/2020), Staf Unit Pengelola KKN UNS, M Najib Shofy, mengatakan, pemajukan jadwal KKN dilakukan karena pihak kampus tidak ingin memperlambat kelulusan para mahasiswanya akibat pandemi.

Sebagai informasi, program KKN Mandiri tersebut diikuti 2.045 mahasiswa dan 95 dosen pembimbing lapangan dari 10 fakultas di UNS.

Baca juga: Update Daya Tampung 32 Prodi Saintek UNS pada SBMPTN 2020

Meski diselenggarakan dengan cara yang berbeda, Mahasiswi UNS dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS, Dian mengatakan, KKN di era pandemi Covid ini membuat mahasiswa menjadi lebih mengenal situasi dan lebih peduli pada lingkungan terdekat.

“Segi positifnya, dari segi keamanan lebih terjaga, kemungkinan untuk tertular juga lebih kecil.” kata Dian di kediamannya di Kelurahan Mojosongo, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (04/06/2020).

Menurut dia, KKN di era Covid-19 memfokuskan perspektif mahasiswa dari tujuan KKN untuk mengabdi kepada masyarakat, menjadi menjaga kesehatan masyarakat di wilayahnya sendiri.

“Pada tahun – tahun sebelumnya, biasanya diwujudkan dengan ikut aktif dan terjun langsung di daerah lain lalu mengabdi di wilayah yang ditinggali,” sambung Dian.

Baca juga: Pimpin Shalat Id di Rumah, Rektor UNS: Pendidikan Tinggi Harus Siap New Normal

Perlu diketahui KKN mandiri UNS ini mengusung lima tema, yakni kesehatan masyarakat, ketahanan ekonomi masyarakat, dan ketahanan pangan edukasi penyusunan sistem informasi.

Lalu Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19 dan Supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X