Kompas.com - 12/05/2020, 03:31 WIB
KKN UGM Dok. UGMKKN UGM

KOMPAS.com - Wabah pandemi Covid-19 berdampak di seluruh kegiatan pendidikan tak terkecuali di tingkat perguruan tinggi. Berbagai kegiatan lapangan dibatalkan dan diganti secara daring/virtual.

Salah satu kegiatan lapangan yang dilakukan secara daring adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Universitas Gadjah Mada (UGM) pun mengubah kegiatan KKN menjadi kegiatan daring.

Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di UGM mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga. Namun di masa pandemi ini, mereka diharuskan melaksanakan kegiatan secara online.

Sesekali mereka turun langsung ke warga dengan membagikan bantuan berupa masker hingga alat kesehatan lainnya.

Risma Sari Septianingrum dari Prodi Geografi Lingkungan mengatakan ia bersama 20 orang rekannya melaksanakan kegiatan KKN tematik dimulai tanggal 12 Maret hingga 30 April lalu di Kelurahan Hargotirto dan Hargowilis, Kokap, Kulonprogo.

Sempat lima hari mereka berada di lapangan, tetapi selanjutnya dilakukan via daring.

”Selama 5 hari kami di lokasi KKN sebelum akhirnya ditarik melalui SK Rektor,” kata Risma dikutip dari laman UGM.

Meski hanya selama 5 hari, kata Risma, ia dan rekannya sudah melakukan observasi dengan survei langsung untuk menentukan program.

Mereka sempat bertemu dengan perangkat desa, tokoh masyarakat dan warga.

Bahkan, mereka pun sempat menggelar rapat bersama tokoh masyarakat untuk membahas dan mendiskusikan program kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X