Orangtua, Begini Cara Kenalkan Angka pada Anak Usia Dini

Kompas.com - 11/05/2020, 14:58 WIB
Saat anak bereksperimen, berikan dukungan, bebaskan, dan fasilitasi. shutterstockSaat anak bereksperimen, berikan dukungan, bebaskan, dan fasilitasi.
|

KOMPAS.com - Masa paling tepat untuk belajar anak ialah saat anak masih usia dini. Apalagi jika anak sudah berusia PAUD, maka harus dikenalkan dengan angka.

Tapi, bagaimana cara mengenalkan angka pada anak saat usia dini? Sebenarnya, ada beberapa cara yang mudah dilakukan oleh orang tua.

Perlu diketahui, mengenal angka menjadi salah satu dasar kemampuan matematika untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Orang tua ataupun pendidik anak usia dini memiliki tanggung jawab penting untuk membangun kemampuan ini.

Baca juga: 9 Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah dari Akademisi IPB University

Namun mengenalkan angka pada anak haruslah dengan cara yang tepat dan sesuai dengan tahapan usia perkembangan anak.

Sebenarnya, banyak cara sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajari anak kenal angka.

Bagaimana caranya? Berikut ini dijelaskan cara mengenalkan angka pada anak usia dini yang dirangkum dari akun resmi Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) RI.

Ada 4 cara yang bisa dicoba oleh orang tua, yakni:

1. Gunakan benda

Cara pertama ialah dengan menggunakan benda yang konkret. Misalnya di rumah ada 4 buah apel, maka jelaskan pada anak bahwa ini apel ada 4 dan hurufnya ialah 4.

2. Metode bermain

Orang tua bisa mengajak anak untuk belajar sambil bermain. Gunakan metode bermain yang menyenangkan. Atau bisa dengan bernyanyi.

3. Manfaatkan benda sekitar rumah

Tak perlu membeli alat permainan edukatif, tapi orang tua bisa menggunakan benda apa saja yang ada di rumah.

Misalnya di rumah ada 3 bola, maka bisa digunakan untuk mengajari berhitung pada anak usia dini. Atau gelas plastik juga bisa dipakai.

Baca juga: Ini 6 Manfaat Bermain bagi Anak Usia Dini

4. Gunakan APK

Jika di rumah kebetulan ada alat permainan edukatif (APK), maka bisa digunakan untuk mengajari berhitung atau mengenal angka pada anak.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X