Kompas.com - 29/01/2021, 14:23 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Padjajaran (Unpad) masuk ke peringkat 16 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia hasil pemeringkatan dari Webometrics per Januari 2021.

Menurut Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad Arif Firmasyah, hasil itu merupakan dari perbaikan yang terus dilakukan Unpad.

Baca juga: UGM Raih Peringkat 1 Versi Webometrics

"Bayangkan Unpad sempat peringkat 50 di Januari 2020, dan menjadi 27 di Juli 2020, dan kini Unpad menduduki peringkat 16," katanya melansir laman Unpad, Jumat (29/1/2021).

Dia mengaku, sistem peringkatan ini didasarkan atas penilaian kinerja website perguruan tinggi.

Setidaknya ada tiga indikator yang dinilai di tahun ini, yakni impact, openness, dan excellence.

Di tahun ini, penilaian Webometrics jauh lebih ketat. Dari tiga indikator yang dinilai, indikator excellence di peringkat 9 dengan poin 1427.

Namun, Unpad perlu mengejar peningkatan kinerja untuk indikator opennes atau transparansi data. Salah satu yang perlu diperbaiki adalah data pada Google Scholar.

Arif menjelaskan, banyak data penelitian dari luar Unpad yang diklaim menjadi karya ilmiah dosen Unpad di Google Scholar.

Hal ini merupakan implikasi dari sistem otomatisasi Google yang menampilkan daftar karya ilmiah yang menyesuaikan data nama pembuatnya.

Bisa jadi, ada dosen dengan nama sama, sehingga walaupun ada karya penelitian yang tidak dilakukan olehnya, akan masuk sebagai bagian dari karya ilmiah yang ditampilkan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.