Kompas.com - 29/01/2021, 12:37 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka secara daring di Jakarta, Jumat (29/1/2021).

UKBI ini versi terbaru. Jika sebelumnya masih memadukan tes secara luring (offline) dan daring (online), kali ini UKBI 100 persen bersifat daring.

"Melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai unit utama, kami memiliki komitmen yang sangat tinggi dalam kemajuan bahasa dan kesastraan," ujarnya.

"Saat ini telah dilakukan banyak inovasi dalam hal pengembangan, pembinaan, dan peningkatan fungsi bahasa Indonesia yang diharapkan dapat bermuara pada layanan profesional di bidang bahasa Indonesia dan kesusastraan," tambah Nadiem dalam sambutannya.

Baca juga: Bahasa Asing Jadi Kendala Dapatkan Beasiswa, Coba 6 Aplikasi Belajar Gratis Ini

Pada tahun 2020, Badan Bahasa telah melahirkan sistem UKBI daring dengan nama UKBI Adaptif Merdeka.

UKBI sendiri merupakan instrumen uji untuk mengukur kemahiran berbahasa Indonesia penutur bahasa asing.

Cocok saat pandemi

Dengan mengombinasikan teknologi, UKBI Adaptif Merdeka ini ternyata sangat pas dijadikan aplikasi berbahasa bagi peserta di tengah pandemi Covid-19.

Di dalamnya, ada sesi tes dan skor sesuai kemampuan peserta. Nadiem mengatakan, saat ini ada peserta uji coba sebanyak 2.190 dari seluruh Indonesia.

Baca juga: 6 Tips Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing dari Kemendikbud

"Pengembangan UKBI adaptif merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam kemajuan pengembangan bahasa dan sastra melalui lompatan dalam hal desain dan layanan uji," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Endang Aminudin Aziz mengatakan, UKBI mengalami banyak perkembangan, format isi, dan model penyelenggaraan sejak digagas pada 1990-an.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.