Kompas.com - 23/11/2020, 07:37 WIB
Guru Besar ITS Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc. DOK.Laman ITSGuru Besar ITS Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc.
|

KOMPAS.com - Ada banyak karya penelitian yang sudah ditorehkan oleh guru besar yang satu ini. Maka tak heran bisa masuk dalam jajaran "Top 2% World Ranking Scientists".

Dia adalah Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Prof. Drs. Ec. Ir. Riyanarto Sarno, M.Sc., Ph.D.

Ada saja karyanya? Ternyata, kiprah Prof. Riyan di dunia penelitian sangat diperhitungkan. Adapun rentang kiprahnya di dunia penelitian yang telah mencapai tahun ke-30 sejak 1989.

Hal itu sesuai dengan metode survei dan pemeringkatan yang dilakukan peneliti dari Stanford University, Prof. John Ioannidis dan dua peneliti lainnya, Jeroen Baas dan Kevin Boyack.

"Sebelumnya, saya juga tidak menduga hal ini. Kemudian, kawan dosen dari Jepang yang memberitahukan nama saya termasuk di dalamnya," ujar Prof. Riyan seperti dikutip dari laman ITS, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Mahasiswa ITS Rancang Jembatan Ramah Biaya, Ini Desainnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, pengakuan jenis baru ini dilakukan Stanford University dalam rangka perbaikan metode pemeringkatan yang sebelumnya telah banyak digunakan dan disalahgunakan.

Hal itu sebagaimana disebutkan John Ioannidis dalam publikasi ilmiahnya yang berjudul Data for Updated Science-Wide Author Databases of Standardized Citation Indicators.

Hal itu dilakukan, salah satunya dengan pengelompokkan 22 bidang penelitian dengan 176 subbidang penelitian.

Adapun jejak publikasi dan sitasi juga menjadi indikator dalam pemeringkatan ini. Tercatat hingga akhir 2019, menurut data yang dihimpun oleh John Ioannidis, Prof. Riyan telah mempublikasikan sebanyak 243 artikel ilmiah dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Karya dosen Departemen Teknik Informatika ITS ini bahkan terus bertambah. Hingga pada 2020 telah tercatat karya sejumlah 267 artikel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X