Mahasiswa ITS Rancang Jembatan Ramah Biaya, Ini Desainnya

Kompas.com - 10/11/2020, 07:53 WIB
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember
|

KOMPAS.com - Tiga mahasiswa asal Departemen Teknik Infrastruktur Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) berhasil merancang desain jembatan yang baik dengan aplikasi SAP2000.

Tak hanya itu, desain jembatan ini memiliki kekuatan yang baik sehingga mampu menanggung beban dinamis yang tinggi. Tentunya, desain jembatan ini juga ramah biaya pengeluaran.

Ketiga mahasiswa itu ialah Arsyad susanto, M Fikri Nadhif, dan Florian Dewantara. Menurut Arsyad, desain jembatan yang dibuat tidak jauh berbeda dengan desain jembatan pada umumnya.

Baca juga: Versi THE WUR by Subject 2021, ITS Salah Satu Kampus Terbaik Indonesia

Batang diagonal lebih panjang

Hanya saja, terdapat penggunaan batang diagonal yang cukup berbeda. "Kami menggunakan batang diagonal yang lebih panjang sehingga dapat memangkas biaya untuk bahan yang dibutuhkan," ujarnya seperti dikutip dari laman ITS, Jumat (6/11/2020).

Adapun desain jembatan yang dibuat berbentuk warren truss. Tipe jembatan ini memiliki rangka utama yang berbentuk trapesium dari serangkaian segitiga.

Untuk dimensi dari desain jembatan ini adalah 60 x 8,5 x 5 meter dengan rangka mutu baja BJ 55. "Untuk bahannya, kami memilih baja WF yang merupakan material dengan kekuatan tinggi sepanjang 60 meter," tuturnya.

Karena desain yang lebih sederhana, maka dampaknya ada pada efisiensi biaya. Mereka tentu memikirkan aspek utama yakni aspek fungsionalitas dari sebuah jembatan itu sendiri.

Mereka bersyukur, karena desain tersebut tidak lepas dari DS Champion ITS, yakni merupakan tim kawal lomba di Kampus ITS Manyar.

Visualisasi desain jembatan yang dirancang oleh mahasiswa ITS.DOK.Laman ITS Visualisasi desain jembatan yang dirancang oleh mahasiswa ITS.

Berhasil juara pertama

Desain jembatan itu kemudian diikutkan pada "Bridge Design Competition Civil Cup 2020" yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta ( UNJ), beberapa hari lalu.

Melalui inovasi perancangan desain jembatan yang apik, tim CT-Balangmara ITS tersebut berhasil meraih juara pertama.

Mereka berharap bisa terus membanggakan Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS dan membawa nama baik ITS melalui prestasi lainnya.

Selain itu, mereka juga ingin agar rekan mahasiswa lainnya memiliki kesempatan untuk mengembangkan ilmu dan ide-ide kreatifnya.

Baca juga: Pilih Kembali ke Tanah Air, Dosen Muda ITS Ingin Majukan Negeri

“Khsusunya pada perlombaan tingkat nasional yaitu Kompetisi Jembatan Indonesia dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KJI-KBGI)," harapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X