Kompas.com - 22/11/2020, 19:19 WIB
9 Webinar Kemendikbud Gratis untuk Asah Keterampilan Guru Dok. Kemendikbud9 Webinar Kemendikbud Gratis untuk Asah Keterampilan Guru

KOMPAS.com - Guna meningkatkan kompetensi dan kreativitas guru dalam mengajar di tengah pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) bersama REFO kembali menggelar Indonesia Edu Webinar untuk pekan ini.

#IndonesiaEduWebinars pada tanggal 23 - 27 November 2020 akan mengangkat tema Keterampilan Mengajar & Keahlian Abad 21 #BersamaREFO," tulis akun Instagram Ditjen GTK Kemendikbud, Sabtu (21/11/2020).

Pekan ini, Kemendikbud akan menyelenggarakan 9 (sembilan) webinar yang akan berfokus pada keahlian yang dibutuhkan oleh guru, bersama dengan keterampilan literasi, integritas akademik, kesehatan mental remaja dan manajemen waktu.

Baca juga: Mekanisme dan Syarat Pencairan BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta

"Perlu disadari bahwa guru merupakan panutan bagi siswa, karena itu penting bagi guru untuk mencontohkan sikap sebagai pelajar yang baik. Dalam sesi minggu ini, kita akan berdiskusi tentang tips dan trik dalam menumbuhkan rasa ingin tahu, khususnya bagi para pendidik agar perilaku tersebut bisa diteruskan ke peserta didiknya," imbuh Kemendikbud.

Mengenai keahlian literasi, sesi minggu ini akan memaparkan proses menulis dan strategi bagi guru untuk membantu peserta didik PAUD dan SD menuangkan ide/ gagasannya ke dalam tulisan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, penting bagi para pendidik untuk memiliki integritas akademik. Dengan memahami konsep plagiarisme dan hoaks, kita akan belajar cara untuk menghindarinya.

Dalam sesi mengenai kesehatan mental remaja, Kemendikbud juga akan menjelaskan terkait pertolongan pertama psikologis dan bagaimana guru dan pendidik dapat menolong orang lain menghadapi stres dan krisis di langkah awal.

Baca juga: Seperti Ini Cara dan Syarat Dapatkan Kartu Indonesia Pintar

"Ada juga sesi di mana kita akan mempelajari pentingnya manajemen waktu yang baik sebagai keahlian dasar dalam menghadapi perkembangan jaman. Kita juga akan berdiskusi tentang konsep pembelajaran inklusif dan bagaimana institusi pendidikan dapat menyikapi kebutuhan ini," imbuh Kemendikbud.

Sesi-sesi tersebut diharapkan mampu membekali guru dengan beragam keahlian yang diperlukan di abad 21 .

Berikut jadwal dan link sesi webinar (meski terlewat, siaran tunda webinar tetap bisa dilihat melalui link yang sama):

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.