Kompas.com - 19/11/2020, 20:29 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid DOK. DIRJEN KEBUDAYAANDirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) Kemendikbud mengalokasikan dana Rp 80 miliar melalui program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK). FBK merupakan program stimulus yang diberikan kepada perseorangan maupun kelompok seniman atau budayawan.

"Dana tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan kebudayaan di tanah air, baik kelompok maupun perorangan," ujar Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid melalui rilis resmi (19/11/2020).

Lebih jauh Hilmar menjelaskan, "FBK sebagai salah satu stimulus yang diberikan kepada perseorangan atau kelompok, bersifat non-fisik dan non-komersil, serta dapat diapresiasi masyarakat dan pemangku kepentingan secara luas."

Ia berharap dana itu menjadi wadah penyediaan ruang keragaman ekspresi dan mendorong interaksi budaya dan inisiatif-inisiatif baru dalam upaya pemajuan kebudayaan Indonesia sesuai UU No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Baca juga: Pekan Kebudayaan Nasional, Presiden Jokowi: Bukti Budayawan Tak Tunduk Pandemi

Pertanggungjawaban dana

Hilmar juga mengingatkan dana bantuan negara ini harus digunakan secara bertanggung jawab.

"Ini kan (anggaran FBK) menggunakan uang negara. Nilainya juga besar, jadi penggunaan, pelaporan hingga pertanggungjawabannya harus betul-betul tercatatat, transparan dan tertib administrasi,” tegasnya.

Hilmar menyampaikan FBK menjadi cikal bakal Dana Abadi Kebudayaan yang digagas pada Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.

Penerima FBK dari komunitas game online kebudayaan, Muhammad Abdul Karim, mengaku senang dan bahagia karena merasa terbantu dengan program dijalankan Dirjen Kebudayaan.

Abdul yang sudah enam tahun berkecimpung dalam game online kebudayaan bersyukur saat kelompok game onlinenya yang diberi nama Sengkala Dev dinyatakan lolos menerima bantuan sebesar 17 juta rupiah.

Menurutnya program bantuan dana dapat memfasilitasi ruang kreatif bagi pelaku seni.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X