Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Kebudayaan dan Tokopedia Luncurkan Pasar Budaya

Kompas.com - 31/10/2020, 18:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020 secara resmi dibuka, Sabtu (31/10/2020) malam, pada sore harinya diadakan peluncuran Pasar Budaya oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud bekerja sama dengan Tokopedia.

Adapun peluncuran Pasar Budaya yang dilakukan secara daring itu untuk memasarkan produk budaya seperti karya yang terdapat dalam daftar Warisan Budaya Takbenda (wbtb) Indonesia.

"Peluncuran Pasar Budaya ini untuk menandai bahwa bola telah mulai bergulir," ujar Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid pada konferensi pers secara daring Peluncuran Pasar Budaya, Sabtu (31/10/2020) sore.

Menurut dia, beragam karya-karya dari para UMKM atau seniman lokal yang dikurasi dengan baik seperti Tokopedia sangat membantu.

Baca juga: Kiat Pelaksanaan BDR bagi Disabilitas Fisik dan Netra dari Kemendikbud

Tentu karena selama ini terlebih pada masa pandemi Covid-19, banyak pelaku seni dan budaya kesulitan untuk memasarkan karya-karyanya.

"Jadi, dengan adanya kerja sama ini bisa memberi ruang lebih luas bagi teman-teman pelaku, pengrajin, dan seniman untuk bisa menjangkau publik lebih luas," terang Hilmar.

Nantinya, ratusan produk hasil kurasi itu akan ditampilkan dan bisa dibeli oleh masyarakat mulai 1-5 November 2020.

Hilmi Adrianto selaku Senior Lead Public Policy and Government Relations Tokopedia menyatakan pihaknya terasa terhormat karena diajak bekerja sama dengan Kemendikbud melalui Ditjen Kebudayaan.

Terlebih diundang pada acara peluncuran Pasar Budaya yang merupakan rangkaian dari penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020.

"Kami selalu mengedepankan berbagai kolaborasi, terlebih dengan pemerintah dan mitra-mitra lainnya," kata Hilmi.

Dikatakan demikian karena semua tujuannya untuk mempermudah kehidupan masyarakat di Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital.

Diharapkan, nantinya masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan berbagai macam kategori produk budaya yang dijual mulai dari lukisan, kerajinan tangan serta koleksi fashion dan aksesoris lokal lainnya.

Di Pasar Budaya itu, sedikitnya ada 185 produk ragam karya anak bangsa yang bisa dibeli. Produknya antara lain:

1. kreasi tas

2. aksesoris

3. perabot lokal

4. kuliner nusantara

Baca juga: 4.000 Lebih Seniman Bakal Semarakkan Pekan Kebudayaan Nasional 2020

5. seni kerajinan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com