Ini Peran dan Tuntutan Kompetensi Guru di Masa Pandemi

Kompas.com - 08/10/2020, 11:35 WIB
Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Tangkapan layar kanal Youtube KemendikbudProf. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO.
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih menjadi kendala semua negara. Terlebih bagi dunia pendidikan, karena pandemi kegiatan belajar mengajar kini dilakukan secara daring.

Namun, pemerintah berupaya agar KBM tetap bejalan meski dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pendidikan tetap jadi fokus utama pemerintah dalam masa pandemi.

Menurut Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., selaku Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, selain siswa dan orang tua, guru juga sangat terdampak pandemi.

Hal itu disampaikan Prof. Arief dalam Webinar Peringatan Hari Guru Sedunia gelaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) yang disiarkaan langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI, Kamis (8/10/2020).

Baca juga: Peringatan Hari Guru Sedunia Saat Pandemi, Guru Harus Diapresiasi

Dikatakan Prof. Arief, ada sebanyak 51 juta siswa dan hampir 3 juta guru yang terdampak pandemi. Karena itu pandemi menciptakan suatu tantangan tersendiri.

"Tapi diharapkan, guru tetap menajdi pelecut dan pembina yang memiliki kemampuan luar biasa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh," terangnya.

Peran guru di masa pandemi

Dalam situasi luar biasa ini, guru kini memiliki dan dituntut melaksanakan banyak peran tambahan:

1. Memastikan tercapainya tujuan pendidikan dan pemenuhan target akademik dan non akademik, mempersiapkan materi dan hasil evaluasi pembelajaran.

2. Guru juga memiliki tanggung jawab dalam memastikan keselamatan peserta didik secara fisik dan psikis.

3. Memberikan penguatan aktif dan memberikan pemahaman kepada siswa guna mentaati semua protokol kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X