Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar Unpad: Ini Strategi Pemulihan Ekonomi dari Jurang Resesi

Kompas.com - 04/10/2020, 12:46 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Negara Indonesia bisa mengatasi pemulihan ekonomi dari jurang resesi. Caranya ialah dengan menyelesaikan pandemi Covid-19 terlebih dahulu.

Hal ini karena resesi disebabkan adanya pandemi. Atau penyebab utama resesi di Indonesia tentu karena pandemi itu sendiri.

"Tidak akan terjadi resesi kalau Covid-nya tertangani," ujar Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Arief Anshori Yusuf, PhD seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (4/10/2020).

Baca juga: Guru Besar UGM: Masyarakat Tak Perlu Mendramatisir Resesi

Bergantung pada vaksin

Untuk menangani Covid-19, pemerintah sangat bergantung pada hasil efektivitas dari uji klinis fase III vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh tim dari Unpad.

Sebab, vaksin menjadi salah satu upaya untuk menangani kasus Covid-19 di Indonesia yang setiap hari terus ada penambahan jumlah pasien terjangkit.

"Apa yang dilakukan Prof, Kusnandi Rusmil (ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad) penting banget untuk ekonomi Indonesia," kata Prof. Arief.

Terkait pelonggaran kembali mobilitas masyarakat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), menurut Prof. Arif juga dinilai berisiko.

Tingkatkan geliat ekonomi

Namun, upaya ini merupakan langkah pemerintah dalam meningkatkan kembali geliat ekonomi di Indonesia.

Akan tetapi di sisi lain, pelonggaran mobilitas masyarakat akan memicu klaster baru apabila tidak diimbangi dengan ketegasan dalam memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.

Peningkatan kasus akan berdampak pada kembali melemahnya pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya itu saja, Prof. Arief juga merekomendasikan untuk mengoptimalkan stimulus ekonomi dengan fokus ke perlindungan sosial.

Banyak kajian yang menyatakan, bantuan sosial yang diberikan pemerintah selama pandemi dinilai lebih efektif menstimulus ekonomi. "Jadi, orang akan banyak berbelanja, karena kebutuhan," imbuhnya.

Ia berharap, pemerintah menjadikan krisis ini sebagai kesempatan untuk menambah kecepatan adopsi teknologi.

Baca juga: Guru Besar UGM: Obat Covid Lewat Uji Klinis, Jangan Buru-Buru Diklaim

Serta belajar mencatat beragam kelemahan sistem proteksi sosial yang selama ini berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com