Peringatan Hari Guru Sedunia Saat Pandemi, Guru Harus Diapresiasi

Kompas.com - 05/10/2020, 14:08 WIB
Sri Sulisyani, guru SMAN Balung yang terpilih menjadi pembicara dalam peringatan hari guru sedunia di Paris Senin (5/10/2020) Kompas.com/istimewaSri Sulisyani, guru SMAN Balung yang terpilih menjadi pembicara dalam peringatan hari guru sedunia di Paris Senin (5/10/2020)
|

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi Covid-19, kini kegiatan belajar mengajar (KBM) tak lagi dilaksanakan di ruang kelas, tetapi dari rumah.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi alternatif agar pendidikan tetap berjalan. Namun, peran guru dan sekolah masih dibutuhkan.

Karena, pendidikan tak bisa berjalan tanpa seorang guru. Untuk itulah guru juga tetap berkarya meski dalam masa sulit seperti saat ini.

Baca juga: Kemendikbud: Lomba Komik Jalur Rempah Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Namun perlu diketahui, pada 5 Oktober ini diperingati sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers Day/WTD).

Tahun ini, tema yang diangkat ialah "Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan" (Teachers: Leading in crisis, reimagining the future).

Guru harus diapresiasi

Melansir akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), Senin (5/10/2020), guru harus terus diapresiasi.

Tema ini dipilih demi menyoroti dan mengapresiasi peran guru yang begitu krusial di dalam menjaga berlangsungnya kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Dalam tema ini, Hari Guru Sedunia juga akan membahas peran guru dalam membangun ketahanan dan membentuk masa depan pendidikan dan profesi guru di kemudian hari, selama dan pasca pandemi.

"UNESCO mendeklarasikan tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Sedunia (World Teachers Day/WTD) pertama kali pada 1994," tulis admin Instagram Kemendikbus.

Dari tanggal itu kemudian diperingati setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Guru Sedunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X