Hardiknas 2020, Guru Diajak Berinovasi dan Adaptif Terhadap Perubahan

Kompas.com - 03/05/2020, 11:56 WIB
Webinar kolaborasi antara PGRI dan Mahir Academy yang digelar pada Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020, Sabtu (2/5/2020) mengambil tema Self Driving For Teacher yang dibawakan Prof. Rhenald Kasali. DOK. MAHIR ACADEMYWebinar kolaborasi antara PGRI dan Mahir Academy yang digelar pada Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020, Sabtu (2/5/2020) mengambil tema Self Driving For Teacher yang dibawakan Prof. Rhenald Kasali.

KOMPAS.com - Selain kompetensi dan profesionalitas, guru juga didorong untuk mampu beradaptasi, selalu menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi dan harus selalu terbuka mengubah pola pikir.

Terlibih dalam kondisi penuh dengan ketidakpastian di tengah pandemi Covid-19 ini, guru dituntut selalu inovatif.

Hal ini mengemuka dalam webinar kolaborasi antara PGRI dan Mahir Academy yang digelar pada Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020, Sabtu (2/5/2020).

Mengambil tema "Self Driving For Teacher", webinar ini diikuti sekitar 15.000 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebagian besar dari peserta tersebut datang dari guru SD hingga SMA dari berbagai wilayah Indonesia.

Pentingnya guru untuk berinovasi dalam proses belajar-mengajar merupakan tema besar diangkat dalam webinar yang dibawakan Prof. Rhenald Kasali.

Guru adaptif perubahan

Dalam pemaparannya, Prof. Rhenald mendorong guru mampu menciptakan proses belajar-mengajar menarik agar para peserta didik tetap bisa memahami materi diajarkan meski dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Baca juga: Hardiknas 2020, PGRI: Guru Tidak Akrab Teknologi Akan Mudah Tergantikan

Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor terdampak Covid-19. Prof. Rhenald menegaskan, akibatnya guru dituntut beradaptasi dengan keadaan yang terjadi.

"Semua sektor sudah merasakan dampaknya, pendidikan pun tak luput dari masalah ini. Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, serta membuka mindset untuk dapat berpikir kreatif dan inovatif merupakan kemampuan kunci yang perlu dimiliki oleh para guru," Prof. Rhenald.

Lebih jauh Prof. Rhenald menjelaskan ada beberapa perbedaan mendasar yang terjadi dalam pembelajaran saat ini.

Sebelumnya, pembelajaran hanya terpusat pada sekolah dan guru mengikuti ritmenya sedangkan saat ini sumber belajar dapat ditemukan dari banyak hal dan dapat dilaksanakan secara bersamaan (multitasking).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X