Kompas.com - 02/05/2020, 21:20 WIB
Tangkapan layar diskusi Nadiem Makarim dan Najwa Shihab di Hardiknas 2020. DOK.Youtube KemdikbudTangkapan layar diskusi Nadiem Makarim dan Najwa Shihab di Hardiknas 2020.
|

KOMPAS.com - "Apa tantangan terbesar yang Anda rasakan saat ini, dari berbagai perubahan yang drastis ini?"

Itulah pertanyaan pertama dari Najwa Shihab saat berdiskusi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam tayangan live streaming di kanal Youtube Kemdikbud RI, Sabtu (2/5/2020) malam.

Tayangan ini digelar dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 dengan tema "Belajar dari Covid-19".

Gunakan akal sehat

Mas Menteri, begitu sapaan Nadiem Makarim kemudian menjawab pertanyaan pertama Najwa Shihab dengan jawaban selalu gunakan akal sehat.

Baca juga: Pidato Lengkap Hardiknas 2020 Mendikbud Nadiem Makarim

Pada situasi pandemi Covid-19 ini mengubah tatanan kehidupan di dalam masyarakat. Kini, masyarakat diimbau pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

Bahkan selain aspek kesehatan, wabah virus corona ini juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Karena harus tinggal di rumah, maka pembelajaran dilakukan secara daring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itulah, menurut Nadiem saat ini yang harus digunakan adalah akal sehat untuk memfilter dan mengontrol emosianal agar tidak panik dan takut.

"Lakukan hal-hal yang rasional. Tapi bagi yang panik justru mereka akan kemana-mana atau tidak bisa menjaga akal sehat," kata Nadiem menjawab pertanyaan pertama Najwa.

Singgung teori konspirasi

Selanjutnya, Najwa melontarkan pertanyaan pada Mas Menteri mengenai teori konspirasi. Dimana ada anggapan bahwa virus ini berasal dari negara tertentu, atau dibuat sebagai senjata biologis.

Namun, Nadiem Makarim menjawab bahwa psikologi manusia terjadi saat sesuatu yang tidak bisa dijelaskan. Bahkan jika ada yang berpikir malas, maka akan menyalahkan seseorang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.