Pada Hardiknas 2018, Dekan FK UI: Indonesia Menuju Pendidikan Daring

Kompas.com - 02/05/2020, 14:15 WIB
Tangkapan layar dari kanal Youtube Ari Syam pada Hardiknas 2018. DOK.Kanal Youtube Ari SyamTangkapan layar dari kanal Youtube Ari Syam pada Hardiknas 2018.
|

KOMPAS.com - Setiap tanggal 2 Mei, bangsa Indonesia selalu merayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas).

Namun, 2 Mei 2020 ini peringatan Hardiknas dirayakan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Yakni upacara bendera dilakukan terpusat dan terbatas secara daring.

Tentu Hardiknas rutin digelar sebagai bentuk bentuk penghormatan kepada Bapak Pendidikan Indonesia, yakni Ki Hajar Dewantara.

Baca juga: Pidato Lengkap Hardiknas 2020 Mendikbud Nadiem Makarim

Untuk Hardiknas 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) mengangkat tema "Belajar dari Covid-19".

Ini tentu karena Indonesia dan seluruh negara di belahan dunia ini sedang menghadapi wabah virus corona atau Covid-19.

Ingatkan sejarah gedung FKUI

Tapi berbicara wabah virus corona hingga mengharuskan semua siswa dan mahasiswa melakukan pembelajaran daring atau online, ada statement menarik dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP.

Mengutip dari kanal Youtube Dr. Ari Syam Organization yang diunggah pada 7 Mei 2018, dia memberikan pidato singkat di Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018.

Di video berdurasi 10 menit 23 detik itu, dia menjelaskan sejarah berdirinya Gedung FKUI pada 1949. Yakni mengenai pemerintah Belanda perlu membuat suatu pendidikan kedokteran untuk melahirkan dokter Jawa.

"Dimana mereka bekerja untuk memberikan vaksinasi cacar kepada masyarakat Indonesia," ujar Dr Ari Syam seperti dikutip dari kanal Youtube-nya dua tahun yang lalu tersebut.

Indonesia dihadapkan masalah infeksi

Dr dr Ari Syam juga mengatakan bahwa saat ini permasalahan kesehatan di Indonesia bukan saja menyangkut masalah-masalah penyakit tidak menular, tapi Indonesia juga masih memiliki masalah infeksi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X