Ebook Minggu Ini, Anti-salah Jurusan hingga Pendidikan ala Finlandia

Kompas.com - 03/05/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi ebook Dok. PixabayIlustrasi ebook

KOMPAS.com - Masih dalam momentum memperingati Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2020, ada sejumlah buku elektronik terkait pendidikan yang bisa dinikmati di akhir pekan.

Ki Hadjar Dewantara pernah berpesan, “Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru.”

Pilihan buku-buku ini dapat dijadikan upaya memperkaya makna belajar dari mana saja, termasuk dari rumah. Ditujukan untuk siswa, calon mahasiswa, pengajar maupun orangtua.

Baca juga: E-book Akhir Pekan, Kisah Bertahan di Wuhan hingga Resep Empon-empon

Berikut rekomendasi buku dari Gramedia Digital untuk minggu ini:

1. Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputri

Ebook Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputridok. Gramedia Digital Ebook Sistem Pendidikan Finlandia oleh Ratih D. Adiputri

Banyak hal seputar sistem pendidikan Finlandia yang mengundang tanya.

Mulai dari bagaimana negara kecil ini bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment)? Apa benar sekolah tidak memberikan pekerjaan rumah (PR)? Apa betul tidak ada ujian dan nilai rapor di akhir tahun pelajaran? Bagaimana mengukur kemampuan siswa?

Ditulis oleh akademisi yang punya minat terhadap pendidikan sekaligus ibu dua orang anak yang tinggal di Finlandia selama sepuluh tahun, buku ini menjawab semua pertanyaan tersebut.

2. Teach Like Finland oleh Timothy D. Walker

Ebook Teach Like Finland oleh Timothy D. Walkerdok. Gramedia Digital Ebook Teach Like Finland oleh Timothy D. Walker

Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswanya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor tertinggi di penyelenggaraan pertama PISA.

Baca juga: Beasiswa S1 di Sekolah Tinggi Hukum, dari Biaya Kuliah hingga Hidup

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X