Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Ketika Mahasiswa Kangen Kampus...

Kompas.com - 29/03/2020, 17:32 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Kurnia Setiawan

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengumumkan kasus positif Covid-19 pertama WNI,  pada 2 Maret 2020, sejak saat itu terjadi percepatan sebaran kasus corona di Indonesia.

Salah satu bidang yang ikut terdampak adalah dunia pendidikan.

Sejak 16 Maret 2020, perkuliahan di berbagai kampus di Indonesia dialihkan ke kuliah online dengan menggunakan berbagai platform yang ada. Dari awalnya hanya 15 kampus kemudian dalam kurun waktu 2 – 3 hari bertambah menjadi 60-an kampus dan 832 kampus pada 20 Maret 2020.

Tranformasi pembelajaran

Corona menjadi satu kata “sakti” yang mampu membuat perubahan besar di dunia, salah satunya di bidang pendidikan. Pembahasan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan kuliah online (e learning) sebelumnya masih menjadi wacana bagi sebagian kampus dan sekolah di Indonesia.

Baca juga: Anak Stres Belajar di Rumah? Ini Tips dari Sekolah Lawan Corona

 

Kini, dalam kurun waktu kurang dari sebulan terjadi transformasi besar di sekolah maupun perguruan tinggi.

Meskipun tidak semua sekolah ataupun perguruan tinggi mempunyai tingkat kesiapan yang sama, tetapi semuanya “dipaksa” belajar untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada.

Semua pihak, para dosen, guru, mahasiswa, dosen, dan karyawan berproses bersama dalam upaya peralihan kuliah reguler menjadi kuliah online.

Kondisi krisis saat ini menyebabkan kampus berbenah diri mempersiapkan perkuliahan online dengan segala keterbatasannya. Berbagai platform digunakan untuk memfasilitasi kuliah online.

Bahan ajar dan ujian diubah menjadi bentuk digital, proses bimbingan beralih menjadi pertemuan virtual. Revolusi Industri 4.0, internet of things (IoT) menjadi kenyataan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.