Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UNS, Konsultasi Skripsi Kini Secara Online

Kompas.com - 29/03/2020, 14:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya kuliah daring, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kini juga melaksanakan konsultasi skripsi secara online atau daring.

Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal kepada mahasiswa di tengah pandemi Covid-19.

Tentu Pelaksanaan kegiatan melalui daring menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca juga: Rektor UNS: Kuliah Daring Mahasiswa Diperpanjang karena Corona

Konsultasi skripsi secara daring ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus, MS Nomor 14/UN27/SE/2020 tertanggal 26 Maret 2020.

Jamin pembelajaran berkualitas

SE itu tentang Penyesuaian Perkuliahan, Pembimbingan, Ujian Tengah Semester, Ujian Tugas Akhir, Magang, Skripsi, Tesis dan Disertasi di UNS.

"SE ini dikeluarkan untuk menjamin berjalannya proses pembelajaran yang berkualitas meskipun dilakukan secara daring," ujar Prof Yunus seperti dikutip dari laman resmi UNS, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, beberapa pelaksanaan aktivitas akademik akan tetap berjalan dan menyesuaikan kondisi saat ini.

Adapun isi dari SE tersebut antara lain:

  • Perkuliahan
  • Pembimbingan tugas akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi
  • Teknis Pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Ujian Tugas Akhir
  • Magang
  • Skripsi
  • Tesis
  • Disertasi
  • Pelaksanaan kuliah praktik dan magang
  • Mengenai pelaksanaan wisuda pada periode dalam waktu dekat.

Tak hanya itu saja, dalam SE tersebut dibahas pula hal-hal bersifat khusus seperti keperluan penyelesaian studi yang memiliki kaitan dengan penelitian berbasis pada data sekunder dapat dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kelayakan ilmiah.

"Konsultasi daring ini untuk mempermudahkan mahasiswa dalam pembuatan skripsi atau tugas akhir. Untuk metode ujian, evaluasi dan pemantauan bisa dilakukan dan dibahas lebih lanjut oleh masing-masing fakultas/pascasarjana/sekolah vokasi dan unit," katanya.

Dua platform pembelajaran daring

Dikatakan, UNS menyediakan platform pembelajaran secara daring pada ocw.uns.ac.id dan spada.uns.ac.id. Keduanya bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen.

Selain menggunakan dua platform tersebut, UNS juga memperbolehkan pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan platform lain.

Dalam kondisi saat ini adaptif dan fleksibel menjadi kunci supaya rencana pembelajaran bisa tetap terlaksana.

Keputusan perpanjangan kuliah daring sampai 30 April 2020 tentu menjadi tantangan tersendiri bagi UNS.

Baca juga: Intip Kuliah Daring di UNS Pakai Spada UNS, Seperti Ini Modelnya

 

Namun, pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik dan memaksimalkan kegiatan perkuliahan meskipun dilakukan secara daring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com