Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar dari Rumah, Universitas Terbuka Tawarkan Bantuan untuk Kampus di Indonesia

Kompas.com - 21/03/2020, 18:20 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menawarkan bantuan teknis online learning untuk perguruan tinggi lain yang ingin menerapkan kebijakan belajar dari rumah.

UT siap memberikan akses layanan pembelajaran daring dengan memanfaatkan Learning Management System Universitas Terbuka (LMS UT).

"Menyikapi perkembangan saat ini, belajar melalui online adalah suatu keniscayaan. Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berpengalaman selama lebih dari 35 tahun dalam mengelola pembelajaran online siap membantu perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air dengan memanfaatkan Learning Management System Universitas Terbuka (LMS UT)," kata Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan, Dr. Sri Sediyaningsih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

LMS UT menjadi tulang punggung Universitas Terbuka dalam menyedikan layanan online learning selama lebih dari 15 tahun. LMS UT dikelola oleh staf IT yang memiliki komitmen dan bepengalaman.

"Fitur-fitur yang tersedia dalam LMS UT dikembangkan secara seksama agar ramah pengguna berupa pengelolaan hak akes pengguna, bahan ajar, aktivitas, nilai dan visualisasi e-leaning," ujarnya.

Baca juga: Perhatikan 10 Hal Ini Agar Pembelajaran Daring Efektif

Penawaran bantuan teknis ini dilatari oleh kondisi perguruan tinggi di Indonesia yang tak semuanya memiliki pengalaman dan infrastruktur LMS.

"UT siap bersinergi dengan perguruan tinggi lain juga mengikuti himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19," kata Dr. Sri.

LMS UT dapat diakses melalui http://lms.ut.ac.id. UT menyediakan platform LMS selama satu semester, mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan akhir semester genap tahun 2020.

Bagi perguruan tinggi yang ingin bekerjasama dengan UT, bisa mengirimkan surat permohonan kepada Rektor Universitas Terbuka melalui email layanan-lmsut@ecampus.ut.ac.id.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi 081289868794 dan email meryn@ecampus.ut.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com