Kompas.com - 21/03/2020, 11:07 WIB
Sebanyak 200.000 siswa SMA/MA/SMLB di Provinsi Jawa Barat menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Senin (18/3/2019). Dok. Disdik jabarSebanyak 200.000 siswa SMA/MA/SMLB di Provinsi Jawa Barat menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Senin (18/3/2019).
|

KOMPAS.com - Pada akhir Maret 2020, tepatnya tanggal 30, siswa kelas XII SMA bakal mengikuti Ujian Nasional (UN) 2020. Jadi, persiapkan dirimu dengan belajar yang rajin.

Meski di tengah kondisi darurat virus corona atau Covid-19, tetapi beberapa daerah di Indonesia tetap menyelenggarakan UN 2020.

Adapun UN 2020 SMA hari ketiga, Rabu (1/4/2020) ialah mata pelajaran Bahasa Inggris. Khusus bagi kamu siswa kelas XII SMA/MA, maka bisa belajar dari kisi-kisi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA: Mapel Bahasa Indonesia

Berikut kisi-kisi UN 2020 untuk SMA/MA/Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Agama Katolik, dan Utama Widya Pasraman untuk Jurusan IPA/IPS/Keagamaan, khusus mata pelajaran (mapel) Bahasa Inggris.

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi.

Lingkup materi

a. Fungsi sosial, siswa dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial: topik/isu/masalah, tujuan/fungsi/pesan, latar belakang/alasan, akibat/dampak/manfaat, sikap/nilai yang diusung, peran dan fungsi pembicara/penulis, peran dan fungsi pendengar/pembaca, konteks penggunaan (a.l tempat, waktu, situasi).

b. Struktur teks, siswa dapat mengidentifikasi makna antar bagian-bagian dalam teks, pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama, rincian argumentasi, langkah-langkah, peristiwa, deskripsi, plot, alur pikiran.

c. Unsur kebahasaan, siswa dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks lisan dan tertulis berikut ini: persamaan kata, word order, artikel, demonstrative, possessive pronoun, agreement dan number, tense, passive voice, referensi gramatika, kata sambung, preposisi, referensi makna.

2. Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus membandingkan, mengklasifikasi, dan menjelaskan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.