Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 10 Hal Ini Agar Pembelajaran Daring Efektif

Kompas.com - 17/03/2020, 11:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu yang saat ini sedang mengikuti sekolah atau kuliah jarak jauh, maka harus memperhatikan beberapa hal. Tentu harapannya agar pembelajaran online atau daring bisa berjalan baik dan efektif.

Sehingga dampak virus corona atau Covid-19 ini tak terlalu berpengaruh pada dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Sebab, sudah banyak dijumpai kuliah atau kursus online dan dipraktikkan.

Agar pembelajaran jarak jauh kamu bisa efektif, maka simak 10 hal-hal berikut ini yang dirangkum dari Rencanamu.id.

Baca juga: Besok Unpad Terapkan Kuliah Daring, Seperti Ini Panduannya

1. Tiap sekolah/kampus berbeda

Setiap institusi pendidikan memiliki kesiapan dan fasilitas belajar jarah jauh yang berbeda-beda. Seperti di UI sudah punya e-learning, jadi mahasiswa sudah pernah melakukannya.

Tetapi ada pula sekolah atau kampus yang belum punya sistem belajar daring seperti ini. Jadi, bisa memakai aplikasi atau model yang lainnya.

2. Tata cara pembelajaran berbeda

Karena kondisi setiap sekolah/kampus berbeda, maka tata cara pembelajarannya juga berbeda. Bisa jadi, ada yang memakai e-mail untuk mengumpulkan tugas harian. Tetapi ada pula yang dilakukan secara langsung, contohnya video conference.

Ada kampus yang semua kegiatan kuliah dilakukan dari rumah, tetapi ada juga yang masih mengharuskan datang ke kampus pada waktu tertentu.

Jadi, kamu harus memastikan atau paham tata cara pembelajaran jarak jauh yang ditetapkan oleh sekolah atau kampusmu.

3. Siapkan fasilitas penunjang

Ini yang harus kamu siapkan jika ingin pembelajaran daring:

  • Kuota internet
  • Aplikasi penunjang
  • Laptop/komputer
  • Materi pelajaran seperti buku, catatan, dan lainnya

4. Jadwal harus disesuaikan

Jangan sampai sekolah atau kuliah diliburkan, terus dipakai untuk liburan. Tetapi siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah. Peran orangtua akan sangat penting terutama untuk siswa sekolah.

Jadi, jangan sampai kamu ke luar rumah untuk pergi jalan-jalan. Karena upaya dari pemerintah ini untuk meminimalisir risiko penyebaran virus corona.

5. Pahami rencana belajar

Agar efektif, maka jika kamu diminta belajar materi A dan B maka harus dijalankan tugas itu. Jangan sampai kamu malah mempelajari materi Z.

Baca juga: Intip Kuliah Daring di UNS Pakai Spada UNS, Seperti Ini Modelnya

6. Kendalikan diri

Ketika belajar jarah jauh, tentu guru atau dosen kamu tidak ada di sampingmu. Maka kamu harus bisa mengendalikan diri dengan benar-benar belajar, bukan malah untuk main game, nonton tv atau main handphone terus.

Jika kamu ikut pembelajaran online, maka harus diikuti dengan baik. Sebab, kalau tidak diikuti maka kamu bisa tertinggal atau materinya akan menumpuk.

7. Update pengumuman

Jangan lupa untuk gabung di grup whatsapp sekolah atau kampus untuk mendapatkan info/pengumuman terbaru. Sebab, bisa jadi ada jadwal, tambahan materi atau informasi penting.

8. Cari tempat yang nyaman

Untuk belajar, kamu bisa pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengerjakan dengan baik.

9. Tetap mandi dan rapi

Usahakan kamu tetap bagun pagi dan mandi pagi. Karena jika tidak mandi akan berpengaruh pada mood kamu untuk belajar.

10. Perhatikan deadline

Untuk tugas yang harus dikumpulkan sesuai batas waktu, maka ini harus kamu perhatikan. Atau deadline harus selalu diperhatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com