Perhatikan 10 Hal Ini Agar Pembelajaran Daring Efektif

Kompas.com - 17/03/2020, 11:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|

KOMPAS.com - Bagi kamu yang saat ini sedang mengikuti sekolah atau kuliah jarak jauh, maka harus memperhatikan beberapa hal. Tentu harapannya agar pembelajaran online atau daring bisa berjalan baik dan efektif.

Sehingga dampak virus corona atau Covid-19 ini tak terlalu berpengaruh pada dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Sebab, sudah banyak dijumpai kuliah atau kursus online dan dipraktikkan.

Agar pembelajaran jarak jauh kamu bisa efektif, maka simak 10 hal-hal berikut ini yang dirangkum dari Rencanamu.id.

Baca juga: Besok Unpad Terapkan Kuliah Daring, Seperti Ini Panduannya

1. Tiap sekolah/kampus berbeda

Setiap institusi pendidikan memiliki kesiapan dan fasilitas belajar jarah jauh yang berbeda-beda. Seperti di UI sudah punya e-learning, jadi mahasiswa sudah pernah melakukannya.

Tetapi ada pula sekolah atau kampus yang belum punya sistem belajar daring seperti ini. Jadi, bisa memakai aplikasi atau model yang lainnya.

2. Tata cara pembelajaran berbeda

Karena kondisi setiap sekolah/kampus berbeda, maka tata cara pembelajarannya juga berbeda. Bisa jadi, ada yang memakai e-mail untuk mengumpulkan tugas harian. Tetapi ada pula yang dilakukan secara langsung, contohnya video conference.

Ada kampus yang semua kegiatan kuliah dilakukan dari rumah, tetapi ada juga yang masih mengharuskan datang ke kampus pada waktu tertentu.

Jadi, kamu harus memastikan atau paham tata cara pembelajaran jarak jauh yang ditetapkan oleh sekolah atau kampusmu.

3. Siapkan fasilitas penunjang

Ini yang harus kamu siapkan jika ingin pembelajaran daring:

  • Kuota internet
  • Aplikasi penunjang
  • Laptop/komputer
  • Materi pelajaran seperti buku, catatan, dan lainnya

4. Jadwal harus disesuaikan

Jangan sampai sekolah atau kuliah diliburkan, terus dipakai untuk liburan. Tetapi siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah. Peran orangtua akan sangat penting terutama untuk siswa sekolah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X