Pelajar DIY Diliburkan Sepekan Antisipasi Corona, Ini Pesan Sri Sultan

Kompas.com - 20/03/2020, 16:26 WIB
Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYATugu Yogyakarta (Tugu Jogja) di Malam Hari.
|

KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY akhirnya menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh bagi siswa sekolah.

Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan satuan pendidikan di wilayah DIY.

Melansir laman resmi Disdikpora DIY, Gubernur DIY Sri Sultan HB X memutuskan seluruh pelajar di DIY untuk belajar secara daring di rumah selama sepekan.

Baca juga: Perhatikan 10 Hal Ini Agar Pembelajaran Daring Efektif

Jogja belajar, media pembelajaran daring

Adapun Pemda DIY memberikan ruang aplikasi bernama Jogja Belajar (JB) Class untuk menjadi media pembelajaran. Keputusan itu diambil untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona.

Gubernur DIY menyatakan, selama sepekan dimulai 23-31 Maret 2020 siswa atau pelajar seluruh DIY diberi kesempatan untuk belajar secara online di rumah.

"Kami berharap pada anak termasuk orangtua, keluarga juga ikut mengawasi program ini dilaksanakan. Mereka belajar di rumah sampai 31 Maret, jadi sekitar sepekan," ujar Sri Sultan usai rapat bersama Bupati dan Wali Kota di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, DIY, Kamis (19/3/2020).

Sebelum 31 Maret 2020, pihaknya akan melakukan evalusi untuk memastikan apakah melalui pembelajaran online Jogja Belajar ini efektif atau tidak bagi siswa.

Jika efektif, maka belajar di rumah ini bisa diperpanjang. Namun jika secara fakta tidak efektif, masih bisa diperpanjang atau justru tidak diperpanjang.

"Kami betul-betul mengontrol bagaimana prinsip kebijakan ini, agar dikontrol tidak hanya pelajar itu di rumah. Tetapi keluarga juga ikut mendukung, atau memberikan ruang agar pelajar tetap bisa belajar," ujarnya.

Baca juga: Yuk, Belajar Fisika di Laboratorium Maya Kemendikbud

"Sehingga betul-betul menjaga diri, jangan justru dia jadi turis," sambung Sultan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X