Ikut UN 2020? Perhatikan 8 Protokol Cegah Corona dari BSNP

Kompas.com - 20/03/2020, 11:52 WIB
. SHUTTERSTOCK.
|

KOMPAS.com - Guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, pemerintah telah menetapkan sejumlah protokol, termasuk protokol di bidang pendidikan.

Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) juga telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan virus corona.

Terkait hal itu, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) juga mengeluarkan Protokol Pelaksanaan UN Tahun 2019/2020 untuk Penanganan Penyebaran Covid-19.

Baca juga: Terkait Corona, Ini Informasi Terbaru Pelaksanaan UN 2020 dari BSNP

Adapun protokol tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama, dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, serta peserta ujian di seluruh Indonesia.

Susuai arahan Mendikbud, pelaksanaan UN 2020 tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

8 protokol cegah corona

Selama penyelenggaraan ujian, warga sekolah agar memperhatikan 8 hal ini yang dikeluarkan BSNP. Berikut ini 8 protokol pelaksanaan UN 2020 untuk pencegahan virus corona, melansir laman resmi UN Kemendikbud RI.

1. Menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, dan sebagainya) satu sama lain sebelum, selama, dan sesudah ujian.

2. Mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer/disinfektan/anti septik sebelum dan sesudah ujian.

3. Tidak memaksakan hadir di sekolah bagi yang memiliki keluhan sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas.

Khusus peserta ujian agar tidak memaksakan mengikuti ujian dan dapat mengikuti ujian pada waktu yang lain yang akan ditetapkan Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X