Kompas.com - 16/03/2020, 14:39 WIB
|


KOMPAS.com - Sejak Kota Surakarta atau Solo ditetapkan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) virus corona atau Covid-19, maka Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) mengeluarkan surat edaran.

Surat edaran Nomor: 1480/UN27/HK/2020 tentang kewaspadaan dini, kesiapsiagaan serta tindakan antisipasi pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UNS, maka Rektor UNS menerapkan beberapa langkah, antara lain:

1. Mengingatkan dan mendorong dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikkan budaya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

2. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan menjadi pembelajaran daring atau online, sejak 16-28 Maret 2020.

Baca juga: Batasi Kuliah Tatap Muka karena Corona, Ini Cara UTS dan UAS Mahasiswa UI

Lantas seperti apa pembelajaran atau kuliah daring di UNS? Berikut ini macam pembelajaran di UNS menurut Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum.

Adapun fasilitas TIK yang disepakati ialah:

  1. Spada (Sistem Pembelajaran Daring) UNS
  2. Google Classroom
  3. Zoom Cloud Meeting
  4. WA Group

"Untuk model daring menggunakan Spada UNS dan OCW," ujar Prof. Jamal saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Berikut ini model pembelajaran atau kuliah daring dengan menggunakan Spada UNS. Saat membuka laman resmi pembelajaran daring di UNS, yakni Spada UNS, pengunjung akan dijumpai dengan berbagai menu.

Namun, pembelajaran daring memang dikhususkan bagi mahasiswa UNS. Sebab, untuk mendapatkan materi, mahasiswa harus login terlebih dahulu. Jika tidak, maka tidak akan bisa mengakses materi tersebut.

Misalkan mahasiswa mengklik pilihan ikon menu Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP), maka akan muncul pilihan menu:

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.