Di Sektor Pendidikan, Quipper Bantu Pemerintah Melalui Pembelajaran Gratis Ini

Kompas.com - 16/03/2020, 11:02 WIB
Guru dan siswa dengan pembelajaran quipper. DOK.Quipper IndonesiaGuru dan siswa dengan pembelajaran quipper.
|

KOMPAS.com - Dampak virus corona atau Covid-19 yang menyebar ke berbagai negara menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia.

Bahkan sejak diumumkannya pasien Covid-19 mulai menyebar di berbagai daerah di Indonesia, maka ada kebijakan sekolah dan kampus diliburkan.

Menindaklanjuti hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 terkait dengan upaya pencegahan perkembangan dan penyebaran COVID-19 di satuan pendidikan.

Baca juga: Begini Tugas Siswa Solo Belajar di Rumah 2 Minggu

Quipper school

Sebagai upaya untuk mendukung imbauan dari pemerintah, Quipper sebagai salah satu perusahaan edutech di Indonesia ingin membantu pihak sekolah dan guru dalam memaksimalkan kegiatan belajar mengajar.

Terlebih banyak daerah yang mengambil kebijakan dengan meliburkan siswa sekolah. Maupun kampus yang menerapkan perkuliahan daring.

Karena itu, melalui salah satu produk unggulan Quipper, yakni Quipper School, sebuah platform learning management system (LMS) gratis ini menawarkan cara belajar inovatif dan mudah digunakan baik untuk para guru maupun siswa.

Manfaat quipper school

Dengan menggunakan Quipper School, guru dapat:

  • mengelola materi pembelajaran
  • ujian
  • nilai siswa

Karenanya, siswa dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas secara daring melalui perangkat digital.

"Untuk mendukung langkah antisipasi pemerintah terkait penyebaran Covid-19, pemanfaatan edutech ini dapat menjadi salah satu solusi untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar bagi para guru dan siswa," ujar Ruth Ayu Hapsari, Business Development Manager Quipper Indonesia dalam rilis yang diterima, Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Quipper beri pelatihan guru

Menurut dia, Quipper telah banyak memberikan pelatihan kepada guru-guru di Indonesia,

"Sejak 2015 hingga saat ini kami telah memberikan pelatihan gratis untuk penggunaan learning management system bagi lebih dari 15.000 guru di lebih dari 1.000 sekolah yang tersebar di 34 provinsi," jelas Ayu.

Baca juga: 8 Link Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah

Adapun sampai saat ini total pengguna Quipper di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 6 juta siswa dan 400.000 guru yang telah tergabung.

Diharapkan, melalui kemudahan penggunaan aplikasi yang dapat diakses melalui laman utama Quipper, layanan Quipper School yang tersedia secara gratis ini dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak dari wabah virus corona di sektor pendidikan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X